Optimalisasi Travel Time Alat Angkut Berdasarkan Geometri Jalan di Tambang Batubara PT Kuansing Inti Makmur, Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi

  • Muhamad Rafi Nabil Teknik Pertambangan
  • Zaenal Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
  • Noor Fauzi Isniarno Fakultas Teknik, Universitas Islam Bandung
Keywords: Geometri Jalan, Produksi, Waktu Tempuh

Abstract

Abstract. PT Kuansing Inti Makmur is a mining company with coal commodities located in Tanjung Belit Hamlet, Jujuhan District, Muaro Bungo Regency, Jambi Province. Based on observations in the field, at the research location there are still several road segments that have a width less than the standard. In addition, the haul road at the research location also has a fairly high Rolling Resistance and Grade Resistance value, causing the travel time of the haulers passing through the road to be even greater, as a result the production of overburden stripping is not optimal. The purpose of this study is to shorten the travel time of the haulers based on road geometry to increase overburden stripping production. This research uses an approach by analyzing the travel time of the haulers and based on the geometry of the mine road using the standard provisions of Kepmen ESDM No. 1827K/MEM/2018 and The Association of State Highway and Transportation Official (AASHTO) to obtain a shorter haulers travel time, so that later it will increase overburden stripping production. Based on observations in the field, travel time loaded is 13.36 minutes, while travel time empty is 8.79 minutes. The average production gain of the haulers is 401.03 BCM/hour. After simulating the improvement of road geometry, the travel time to fill becomes 11.27 minutes, and the return time empty becomes 5.04 minutes. The average production gain of the haulers after the improvement simulation was 510.32 BCM/hour, by improving the geometry of the mine road, the production of overburden stripping increased by 27%.

Abstrak. PT Kuansing Inti Makmur merupakan perusahaan tambang dengan komoditas batubara yang berada di Dusun Tanjung Belit, Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Muaro Bungo, Provinsi Jambi. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, di lokasi penelitian masih terdapat beberapa segmen jalan yang memiliki lebar kurang dari standar. Selain itu, jalan angkut di lokasi penelitian juga memiliki nilai Rolling Resistance dan Grade Resistance yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan waktu tempuh alat angkut yang melewati jalan tersebut menjadi semakin besar, akibatnya produksi pengupasan overburden menjadi tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempersingkat waktu tempuh (travel time) alat angkut berdasarkan geometri jalan untuk meningkatkan produksi pengupasan overburden. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan menganalisis waktu tempuh (travel time) alat angkut dan berdasarkan geometri jalan tambang dengan menggunakan standar ketentuan Kepmen ESDM No. 1827K/MEM/2018 dan The Association of State Highway and Transportation Official (AASHTO) untuk memperoleh travel time alat angkut yang lebih singkat, sehingga nantinya akan meningkatkan produksi pengupasan overburden. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, travel time loaded (berangkat isi) adalah 13,36 menit, sedangkan travel time empty (kembali kosong) adalah 8,79 menit. Besar perolehan rata-rata produksi alat angkut adalah sebesar 401,03 BCM/jam. Setelah dilakukan simulasi perbaikan geometri jalan, maka waktu berangkat isi menjadi 11,27 menit, dan waktu kembali kosong menjadi 5,04 menit. Besar perolehan rata-rata produksi alat angkut setelah dilakukan simulasi perbaikan adalah sebesar 510,32 BCM/jam, dengan memperbaiki geometri jalan tambang maka produksi pengupasan overburden meningkat sebesar 27%.

References

Anonim, 1993, “AASHTO Guide for Design of Pavement Structure”, Washington D.C.

Anonim, 2018, “Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 1827K/30/MEM/2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik”, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Anonim, 2020, “Kabupaten Bungo Dalam Angka 2023”, Katalog BPS: 1102001.1509.

Adreasnsyah, Fitra, dkk., 2023, “Evaluasi Kemiringan Jalan Tambang Terhadap Cycle Time Alat Angkut Pada Dump Truck Hino FG 235 JJ Tambang Batu Granit Di PT AdityaBuana Inter Kabupaten Bangka”, MINERAL, Volume 8, Nomor 1, April 2023, 14-20.

Anisari, Rezky, 2016, “Produktivitas Alat Muat Dan Angkut Pada Pengupasan Lapisan Tanah Penutup Di Pit 8 Fleet D PT. Jhonlian Baratama Jobsite Satui Kalimantan Selatan”, Jurnal Intekna, Volume 16 (hlm. 1-100).

Kaufman, W.W., dan Ault, J.C., 2001, “Design of Surface Mine Haulage Roads – A Manual”, Pittsburch: WMC Resoources Ltd.

Hasanah, Dilla, dkk., 2021, “Penentuan Nilai Keserasian (Match Factor) Untuk Optimalisasi Alat Berat Pada Pekerjaan Pemindahan Tanah Penutup Pertambangan Batubara PT Tri Bakti Sarimas”, JuPerSaTek, Volume 4, Nomor 1, Juni 2021, 480-491.

Indonesianto, Yanto, 2008, “Pemindahan Tanah Mekanis”, Yogyakarta: UPN “Veteran” Yogyakarta.

Lambung, Tommy Youthberth, 2016, “Evaluasi Jalan Tambang Untuk Meningkatkan Produktivitas Alat Angkut Pada Aktivitas Pemindahan Overburden”, Jurnal GEOSAPTA, Volume 2, Nomor 2, Juni 2016, 108-112.

Natalia, Desma, 2021, “Penentuan Nilai Keserasian (Match Factor) Untuk Optimalisasi Alat Berat Pada Pekerjaan Pemindahan Tanah Penutup Pertambangan Batubara PT Tri Bakti Sarimas”, JuPerSaTek, Volume 4, Nomor 1, Juni 2021, 480-491.

Pranama, dkk., 2015, “Evaluasi Jalan Angkut Dari Front Tambang Andesit Ke Crusher II Pada Penambangan Batu Andesit Di PT Gunung Kecapi, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat”. Jurnal Teknologi Pertambangan, 1 (2): 61-68.

Pratomo, Kurniawan Nur, dkk., 2016, “Kajian Teknis Produksi Alat Gali-Muat dan Alat Angkut Untuk Memenuhi Target Produksi Pengupasan Overburden Penambangan Batubara PT Citra Tobindo Sukses Perkasa Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi”. Prosiding Tekniki Pertambangan, Volume 2, Nomor 2, Agustus 2016.

Prodjosumarto, Partanto, 1993, “Pemindahan Tanah Mekanis”,Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Rochmanhadi, 1992, “Alat-Alat Berat dan Penggunaannya”, Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Rosidi, H.M.D., Tjokrosapoetro, S., Pendowo, B., Gafoer, S., dan Suharso, 1996, “Peta Geologi Lembar Painan dan Bagian Timur Laut Lembar Muarasiberut, Sumatera”, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Silvia, Sukirman, 1999, “Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan”, Bandung: Nova.

Suwandhi, Awang, 2004, “Perencanaan Jalan Tambang”, Diktat Kuliah Jurusan Teknik Pertambangan UNISBA: Bandung.

Tjan, Aloysius, 1992, “Pemindahan Tanah Mekanik”, Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.

Wicaksana, Desandra Putra, dkk., 2021, “Peningkatan Produktivitas Alat Angkut dengan Menurunkan Rolling Resistance Jalan Angkut Berdasar Hasil Simulasi Talpac 10.2”, Prosiding Temu Profesi Tahunan XXIX PERHAPI, Maret 2020, 609-618.

Widjaja, Michael, 2020, “Pengaruh Rentangan Traveling Time Dump Truck Terhadap Operating Productivity di Tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Nusa Tenggara”, JIPL (Jurnal Inovasi Pertambangan dan Lingkungan), Volume 1, Nomor 1, Tahun 2021: 21 – 29.

Zailani, M. A., dkk., "Kajian Teknis Peningkatan Korelasi Rencana Cycle Time Alat Angkut Di Pit Kwest PT. Kaltim Prima Coal Kalimantan Timur." Jurnal Ilmu Teknik Sriwijaya, Volume 2, Nomor 1, 2014.

Zarly, Yosi Fermila, dan Kasim, Tamrin, 2019, “Kajian Teknis Loading dan Hauling Produksi Overburden pada Tambang Terbuka PT. Allied Indo Coal Jaya, Parambahan, Sawahlunto”. Jurnal Bina Tambang, Volume 4, Nomor 1, 2019.

Published
2024-02-08