Penerapan Logika Matematika dalam Menyelidiki Validitas Induksi Matematik untuk Pembuktian yang Melibatkan Proposisi Bilangan Asli dengan Berbagai Kasus

  • Rafly Anugerah Matematika, Universitas Islam Bandung
  • Gani Gunawan Matematika, Universitas Islam Bandung
  • Respitawulan Matematika, Universitas Islam Bandung
Keywords: Induksi Matematika, Pembuktian, Bilangan Asli

Abstract

Abstract. Problems involving natural number propositions can not only be proved algebraically, but can also be proved using mathematical induction. Mathematical Induction is a method of proving many theorems, both in number theory and in other fields of mathematics. The problems are how the logical arguments of mathematical induction are arranged, how the validity of the logical arguments of the principle of mathematical induction, and what examples of cases are natural number propositions and can be proven by the principle of mathematical induction. In this article, we will show how the construction of a logical argument from mathematical induction will be shown, and its validity will also be shown with various examples.

 

Abstrak. Permasalahan yang melibatkan proposisi bilangan asli tidak hanya dapat dibuktikan secara aljabar, namun dapat juga dibuktikan dengan menggunakan induksi matematika. Induksi Matematika merupakan salah satu metode pembuktian dari banyak teorema, baik dalam teori bilangan maupun dalam bidang matematika lainnya. Adapun permasalahannya adalah bagaimana susunan logika argumen dari induksi matematika, bagaimana validitas dari logika argumen prinsip induksi matematika, dan contoh kasus apa saja yang merupakan proposisi bilangan asli dan dapat dibuktikan dengan prinsip induksi matematika. Dalam artikel ini akan diperlihatkan bagaimana konstruksi susunan logika argumen dari induksi matematika, juga diperlihatkan validitas berikut berbagai contohnya.

Published
2023-01-28