Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Bantuan Renovasi Rumah Menggunakan Metode SAW Dan ELECTRE

  • Agnia Romadhona Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Yurika Permanasari Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Didi Suhaedi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Keywords: Multiple Criteria Decision Making, SAW, ELECTRE, Rumah Tidak Layak Huni

Abstract

Abstract. Multiple Criteria Decision making (MCDM) is a method of decision making to determine the best alternative from a number of alternatives based on certain criteria. The selection of beneficiaries for the renovation of uninhabitable houses must be carried out objectively and transparently so that the right recipients of assistance meet the criteria. The method used is the Simple Addivtive Weighting (SAW) and Elimination Et Choice Traduisant La Réalité (ELECTRE) method in which the SAW method looks for the weighted sum of the performance ratings on each alternative of all attributes and the ELECTRE method is a multi-criteria decision making based on a concept. outranking that uses pair comparisons and alternatives based on each of the relevant criteria.

The results of this study indicate that the acquisition of the best alternative for recommending prospective recipients of housing renovation assistance that is unfit for habitation in Sukamaju Village using the SAW and ELECTRE methods, from 37 submissions data will be taken 20 candidates for funding where the ranking using the SAW and ELECTRE methods shows that in 20 candidates which will be funded there are 50% of the same ranking results in the SAW and ELCTRE methods and there is also 1 result in the same order with No. BNBA 101AA in the 2nd rank in these two methods.

Abstrak. Multiple Criteria Decision making (MCDM) adalah suatu metode dalam pengambilan keputusan untuk menetapkan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif berdasarkan kriteria tertentu. Pemilihan penerima bantuan renovasi rumah tidak layak huni harus dilakukan secara objektif dan transparan agar penerimaan bantuan yang tepat sasaran sesuai kriteria. Metode yang digunakan ialah Metode Simple Addivtive Weighting (SAW) dan Élimination Et Choice Traduisant La Réalité (ELECTRE) yang mana metode SAW mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut dan metode ELECTRE adalah pengambilan keputusan multi kriteria yang berdasarkan pada sebuah konsep outranking yang menggunakan perbandingan pasangan dan alternatif-alternatif berdasarkan masing-masing kriteria yang relevan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perolehan alternatif terbaik untuk merekomendasikan calon penerima bantuan renovasi rumah tidak layak huni di Desa Sukamaju dengan menggunakan metode SAW dan ELECTRE, dari 37 data pengajuan akan diambil 20 calon untuk didanai dimana perankingan dengan metode SAW dan ELECTRE menunjukan bahwa dalam 20 calon yang akan didanai terdapat 50% hasil perankingan yang sama pada metode SAW dan ELCTRE juga ada 1 hasil urutan yang sama dengan No BNBA 101AA pada ranking ke 2 dalam kedua metode ini.

Published
2022-08-14