Aspek Hukum Kebendaan Virtual Property dalam Real Money Trading Ditinjau dari Buku II KUHPerdata dan Akibat Hukumnya terhadap Para Pihak

  • Anastasya Putri Salsabilla Ilmu Hukum
  • Muhammad Faiz Mufidi Fakultas Hukum Unisba
  • Rimba Supritna Fakultas Hukum Unisba
Keywords: Hukum Kebendaan, Vitual Property, Real Money Treding

Abstract

Abstract. Electronic games or games are one of the entertainment media that are currently very loved by many people. Its development is currently going viral with the recognition of games as a sport in various countries or better known as e-sports or electronic sports. In the game there are virtual objects or what is called virtual property created by the creator or developer. This virtual property has an economic value which is currently traded by the game players themselves, which is called real money trading. This is considered detrimental to the developer as the creator. Based on this phenomenon, the problems in this study are formulated as follows: (1) How is the position of Virtual property in online games as legal objects related to material law based on Book II of the Civil Code? (2) What are the legal consequences of actions taken by players in Real money trading related to buying and selling Virtual property in online games in terms of Book III of the Civil Code? The researcher used the normative juridical method. The data collection technique used in this research is literature study. The data analysis technique used in this research is qualitative normative analysis. The results of this study are: virtual property can be said to be a movable object but not tangible and can be attached to an ownership or property rights based on the laws and regulations that regulate it. It can be found in three laws, namely Copyright Law, Property Law and Bond Law. As a result of this virtual property sale and purchase transaction, it can be said to be legal but only between players. However, it is not legal if it is related to the online game developer.

Abstrak. Game atau permainan elektronik merupakan salah satu media hiburan yang saat ini sangat digandrungi oleh banyak kalangan. Perkembangannya saat ini menjadi viral dengan diakuinya game sebagai salah satu cabang olahraga di berbagai negara atau lebih dikenal dengan istilah e-sport atau electronic sport. Di dalam game tersebut terdapat benda-benda virtual atau yang disebut dengan virtual property yang dibuat oleh pencipta atau developer. Virtual property ini memiliki nilai ekonomis yang saat ini diperjual belikan oleh para pemain game itu sendiri yang dinamakan real money trading. Hal ini yang dianggap merugikan pihak developer sebagai penciptanya. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalamĀ  penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana kedudukan Virtual property dalam game online sebagai objek hukum dihubungkan dengan hukum kebendaan berdasarkan Buku II KUHPerdata? (2) Bagaimana akibat hukum atas perbuatan yang dilakukan para pemain dalam Real money trading dihubungkan dengan jual beli Virtual property dalam game online ditinjau dari Buku III KUHPerdata?. Peneliti menggunakan metode yuridis normative. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Adapun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis normatif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: virtual property dapat dikatakan sebagai benda bergerak namun tidak berwujud dan dapat dilekati suatu kepemilikan atau hak milik berdasarkan peraturan perundang-undangan yang mengatur. Dapat ditemukan dalam tiga aturan hukum yaitu Hukum Hak Cipta, Hukum Benda dan Hukum Perikatan. Akibat transaksi jual beli virtual property ini dapat dikatakan sah namun hanya diantara pemain saja. Namun tidak sah jika terkait dengan pihak developer game online.

Published
2022-01-22