Pertanggung Jawaban Pidana bagi Pelaku Penambangan Liar di Kabupaten Belitung Timur Dihubungkan dengan UU No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

  • Meli Rosmita Ilmu hukum
Keywords: Pertanggung jawaban pertambangan liar dan lingkungan hidup

Abstract

Abstract. This study uncovers the phenomenon of illegal tin mining in east Belitung Regency, where Belitung Island is very famous for tin production and has become one of the main fields of economic activity. This study uses a qualitative approach, data collected from orl and written sources. Oral sources in the form of sources from the East Belitung police, miners. The data from this resource is in the form of interviews. While the written data in the form of books, journals, etc. in this thesis in how to account for these illegal mining actors and how the mining practices are carried out. From the existence of illegal tin mining, it is very bad for the Environmental Management and Protection and Low no.  of 2009, and relates to several articles relates to mining. The results of the study show that the impact of mining is very influential in the future, and has a negative impact that result in environmental damage and changes in river flow. The author’s suggestion, for the common good, there must be cooperation between the community and local government in monitoring mining activites in the East Belitung area and the role of the police is more optimized so that it wil ensure the creation of mining that is more environmentally friendly.

Abstrak. Penelitian ini menguak fenomena penambangan timah liar di Kabupaten Belitung Timur, dimana Pulau Belitung ini sangat terkenal akan penghasilan timah dan sudah menjadi salah satu bidang utama dalam kegiatan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan dari sumber lisan dan tulisan. Sumber lisan berupa narasumber dari kepolisian Belitung Timur, penambang. Data dari narasumber ini berupa wawancara. Sedangkan data tulisan berupa buku, jurnal dll yang berkaitan dengan skripsi ini. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu bagaimana pertanggungjawaban terhadap pelaku penambangan secara liar ini dan bagaimana praktek penambangannya. Dariadanya penambangan timah liar maka sangat berdampak buruk bagi lingkungan hidup, sebagaimana diatur dalam UU No. 32 tahun 2009 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup dan UU No. 4 Tahun 2009, dan berkaitan dengan beberapa pasal yang berhubungan dengan pertambangan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dampak pertambangan ini sangat berpengaruh dimasa yang akan datang, dan berdampak negatif yang mengakibatkan kerusakan lingkungan dan perubahan aliran sungai. Saran penulis, demi kebaikan bersama harus adanya kerjasama antara masyarakat dan pemerintah daerah dalam pengawasan kegiatan penambangan yang berada didaerah Belitung Timur dan peran dari kepolisian lebih dioptimalkan sehingga akan menjamin terciptanya pertambangan yang lebih menjaga lingkungan.

Published
2022-01-21