Pelaksanaan Klaim Asuransi Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 dan Tanggungjawab Perusahaan Asuransi terhadap Pemenuhan Klaim Dikaji Menurut Undang–Undang Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian Dihubungkan dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nom

  • Fabyan Al-Razby Shaubilhaq Fakultas Hukum,Prodi Ilmu Hukum
  • Frency Siska
Keywords: Pembayaran Klaim Asuransi, Asuansi Kesehatan, Meninggal Karena Covid-19

Abstract

Abstract. The number of claims still has the potential to increase in line with the ongoing Covid-19 pandemic. PT Asuransi Sinar Mas continues to maintain its commitment to fulfill payment of claims due to Covid-19, so if Covid-19 is still there and someone is affected and even dies, then the actual value of the claim will increase again. The purpose of this study is to find out the implementation of health insurance claims during the Covid-19 pandemic studied according to Law Number 40 of 2014 concerning Insurance. To find out the insured's efforts if the insurance company at PT Asuransi Sinar Mas does not fulfill customer claim payments due to Covid-19. The research method uses a sociological (empirical) juridical method, by taking the object of study of legal aspects related to legal reviews regarding customer claims at PT Asuransi Sianr Mas during the Covid pandemic. The results of the study are that the Implementation of Health Insurance Claims During the Covid-19 Pandemic Was Reviewed According to Law Number 40 of 2014 concerning Insurance Linked to Financial Services Authority Regulation Number 12 POJK 03 of 2021 To facilitate the insurance claim process, customers can follow the following steps: Participants Come with all the submission files complete and clear. Customer Care staff conducts a feasibility analysis of the claim service process in 25 (twenty five) minutes. If the claim is processed, provide a claim service application form to be processed in 25 (twenty five) minutes that have been filled in (the form is filled in for each claim). If the claim cannot be processed, the submission is directed to the regular claim process. Customer Care will provide a receipt for the claim submission file to the participant. Submitting a claim is processed on the AK 27 system up to payment using Direct. The Responsibility of Insurance Companies for Health Insurance Claims During the Covid-19 Pandemic Was Reviewed According to Law Number 40 of 2014 concerning Insurance Linked to Financial Services Authority Regulation Number 12 POJK 03 of 2021. File a lawsuit for default, seek subpoena or warning first, if not there is a good response, then you can file a civil suit to the general court. Besides that, mediation efforts can also be taken through the Indonesian Insurance Mediation Agency (BMAI). The claim value offered has been approved by PT Asuransi Sinar Mas, but it has passed 30 (thirty) days.

Abstrak. Jumlah klaim masih berpotensi bertambah seiring dengan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. PT Asuransi Sinar Mas tetap menjaga komitmennya untuk memenuhi pembayaran klaim akibat Covid-19, sehingga jika Covid-19 masih ada dan ada yang terdampak bahkan meninggal dunia, maka nilai klaim yang sebenarnya akan kembali meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan klaim jaminan kesehatan pada masa pandemi Covid-19 yang dikaji menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. Untuk mengetahui upaya tertanggung jika perusahaan asuransi di PT Asuransi Sinar Mas tidak memenuhi pembayaran klaim nasabah akibat Covid-19. Metode penelitian menggunakan metode yuridis sosiologis (empiris), dengan mengambil obyek kajian aspek hukum terkait legal review terkait klaim nasabah di PT Asuransi Sianr Mas pada masa pandemi Covid. Hasil kajian bahwa Pelaksanaan Klaim Asuransi Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Asuransi Dikaitkan Dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12 POJK 03 Tahun 2021 Untuk Memudahkan Proses Klaim Asuransi, Nasabah dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: Peserta Datang dengan membawa semua berkas penyerahan yang lengkap dan jelas. Staf Customer Care melakukan analisis kelayakan proses layanan klaim dalam waktu 25 (dua puluh lima) menit. Jika klaim diproses, berikan formulir aplikasi layanan klaim untuk diproses dalam 25 (dua puluh lima) menit yang telah diisi (formulir diisi untuk setiap klaim). Jika klaim tidak dapat diproses, maka pengajuan diarahkan ke proses klaim biasa. Customer Care akan memberikan tanda terima berkas pengajuan klaim kepada peserta. Pengajuan klaim diproses pada sistem AK 27 hingga pembayaran menggunakan Direct. Tanggung Jawab Perusahaan Asuransi atas Klaim Asuransi Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau Sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian Terkait Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12 POJK 03 Tahun 2021. , jika tidak ada tanggapan yang baik, maka dapat mengajukan gugatan perdata ke pengadilan umum. Selain itu, upaya mediasi juga dapat ditempuh melalui Badan Mediasi Asuransi Indonesia (BMAI). Nilai klaim yang ditawarkan telah disetujui oleh PT Asuransi Sinar Mas, namun telah melewati 30 (tiga puluh) hari.

Published
2023-01-25