Strategi Komunikasi TV Harmoni dalam Beradaptasi di Era Konvergensi Media

  • Muhamad Ilham Baihaki Baihaki Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, UNISBA
  • Ilham
Keywords: TV Harmoni, Strategi Komunikasi, Konvergensi Media

Abstract

Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masuknya era konvergensi media, yang mengharuskan semua media massa konvensional beradaptasi dalam pengolahan program/konten, target/tujuan serta perluasan /pengembangan media secara teknis. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Perencanaan, Tujuan, Pesan, dan Media TV Harmoni dalam Adaptasi di Era Konvergensi melalui program Harmoni Bagi Negeri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan sumber internet. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PostPositivisme dengan informan utama penelitian oleh Direktur Utama, Founder, dan Produser Adapun teknik analisis data dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh TV Harmoni dengan menentukan Perencanaan yang melibatkan tim produksi dengan tahapan teknis program, tujuan program, dampak program. Tujuan adalah hasil dari perencanaan dalam mencapai suatu tujuan yang akan menciptakan harapan dari Program Harmoni Bagi Negeri yang dikemas oleh TV Harmoni. Pesan adalah segala informasi mengenai era digital saat ini dan segala kasus yang sedang ramai di lingkungan masyarakat. Media yang digunakan berupa media sosial Youtube dan Facebook.

Kesimpulan  dari penelitian ini menunjukkan bahwa keempat tahap strategi komunikasi ini memiliki peran dalam menciptakan Program Harmoni Bagi Negeri yang akan mencapai kegiatan komunikasi secara efektif, selain itu memberikan arah dan tujuan dalam jangka panjang dalam beradaptasi di era konvergensi media saat ini.

 

Abstract: This research is motivated by the entry of the media convergence era, which requires all conventional mass media to adapt in program/content processing, targets/goals and technical media expansion/development. The purpose of this research is to find out the Planning, Objectives, Messages, and Media of Harmony TV in Adaptation in the Convergence Era through the Harmony Bagi Negeri program. This research uses a qualitative descriptive method. Data were collected through interviews, documentation, and internet sources. The paradigm used in this research is PostPositivism with the main informants of the research by the President Director, Founder, and Producer. The data analysis technique is by collecting data, data reduction, data presentation and conclusion drawing.
The results showed that the communication strategy carried out by TV Harmoni by determining the planning involving the production team with the technical stages of the program, program objectives, program impact. Purpose is the result of planning in achieving a goal that will create expectations from the Harmony Program for the Country packaged by Harmony TV. Messages are all information about the current digital era and all cases that are currently busy in the community. The media used are social media Youtube and Facebook.
The conclusion of this research shows that the four stages of this communication strategy have a role in creating the Harmony Program for the State.

References

Albert, Yahuda. 2018. Konvergensi Media: Satu Gadget Untuk Banyak Media. Artikel Penelitian. Academia.edu.
Khadziq. 2016. Konvergensi Media Surat Kabar Lokal: Studi Deskriptif Pemanfaatan Internet pada Koran Tribun Jogja dalam Membangun Industri Media Cetak Lokal. Jurnal Komunikasi Profetik, 10(1).
Effendy, Onong Uchjana. 2015. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek Bandung: Remaja Rosdakarya
Published
2023-07-28