Analisis Semiotika Pesan Moral dalam Film Pendek Animasi Wake Up Call

  • Arief Ramadhan Jurnalistik
  • Yenni Yuniati Jurnalistik, Universitas Islam Bandung
Keywords: Film Pendek Animasi Wake Up Call, Semiotika Roland Barthes, Konsumtif atau Konsumerisme

Abstract

Abstract. Film is a form of mass media that is considered capable of providing entertainment to the public. Films tell stories through scenes and events. Film is a channel for various kinds of ideas, ideas, concepts and has an impact from its broadcast. Wake Up Call is a short film brainchild of The Gaia Foundation that explores the true price of today's much-loved electronic gadgets, by joining the dots between the stages of extraction, production, consumption and disposal. This research is included in the type of descriptive-qualitative research which aims to find out the meaning of denotation, connotation, and myth in the animated short Wake Up Call film and the moral message contained therein. The method used in this study is a qualitative method with Roland Barthes's Semiotics approach through observation and documentation techniques. The results of this study indicate that the resulting denotation and connotation mean that human behavior in buying electronic goods is excessively influenced by emotional aspects. While the resulting myth shows that the behavior shown in the film is consumptive behavior or consumerism. Then the moral message conveyed is an illustration of the impact produced by consumptive behavior that should be avoided.

Abstrak. Film adalah salah satu bentuk media massa yang dianggap mampu memberikan hiburan kepada masyarakat. Film menyampaikan cerita melalui adegan-adegan dan peristiwa demi peristiwa. Film merupakan saluran berbagai macam gagasan, ide, konsep serta mempunyai dampak dari penayangannya. Wake Up Call adalah film pendek gagasan The Gaia Foundation yang mengeksplorasi harga sebenarnya dari gadget elektronik yang sangat digandrungi saat ini, dengan menggabungkan titik-titik di antara tahap ekstraksi, produksi, konsumsi, dan pembuangan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam film pendek animasi Wake Up Call serta pesan moral yang terkandung didalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Semiotika Roland Barthes melalui teknik observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa makna denotasi dan konotasi yang dihasilkan adalah perilaku manusia membeli barang elektronik secara berlebihan dipengaruhi oleh aspek-aspek emosional. Sedangkan mitos yang dihasilkan menunjukkan bahwa perilaku yang ditampilkan pada film tersebut merupakan perilaku konsumtif atau konsumerisme. Kemudian pesan moral yang disampaikan merupakan gambaran dari dampak yang dihasilkan oleh perilaku konsumtif yang seharusnya bisa dihindari.

 

Published
2023-01-28