Mekanisme Program Cek Fakta di Jabar Saber Hoaks
Studi Kasus Pada Pelaksanaan Program Cek Fakta dibeberapa SMA yang dilakukan oleh Jabar Saber Hoaks
Abstract
Abstract. Hoax information as digital technology is increasingly changing, it is very possible for all people to receive it. These changes can have both positive and negative impacts depending on the user. If not equipped with good knowledge, this will have a bad impact on the recipient. Without going through the process of sorting out information, one can easily trust the information circulating. This background is the reason for the researcher to conduct research with the title Mechanism of the Fact Check Program in West Java Saber Hoaks Case Study on the Implementation of the Fact Check Program in several high schools carried out by Jabar Saber Hoaks. Objective The purpose of this research is to find out the fact-checking mechanism used by Jabar Saber Hoaks in implementing their program, and why they target the younger generation, especially high school students for implementing their program. This research method uses qualitative data collection by means of interviews, observation, and documentation. The paradigm in this study uses post-positivism. This research aims to produce a fact-checking process and mechanism that they target the younger generation as well as reasons that support the importance of the younger generation needing assistance with the hoax fact-checking mechanism This research resulted in determining the veracity of information on the fact-checking mechanism activities in West Java Saber Hoaks, referring to the source of information related to the origin of the news. If there are no results on the official platform for the correctness of the information, West Java Saber Hoaks will contact the relevant parties if it is still possible to contacted. Jabar Saber Hoaks carries out a fact checking program in several high schools with its outreach program called Billion Facts. This program is specifically for the younger generation through the website owned by Jabar Saber Hoaks. This program aims to increase digital literacy knowledge for the younger generation. As a generation that will bring change to Indonesia, it is important to carry out a fact checking mechanism because this will help them be more critical in receiving information, so they will not be trapped in the narrative of news.
Abstrak. Informasi hoaks seiring teknologi digital yang semakin berubah, sangat memungkinkan seluruh kalangan dapat menerimanya. Perubahan ini dapat berdampak positif dan negatif tergantung pada penggunanya. Jika tidak dibekali dengan pengetahuan yang baik, hal ini akan memberikan dampak yang buruk bagi penerima. Tanpa melalui proses pemilahan informasi, dapat dengan mudah mempercayai informasi yang beredar. Latar belakang tersebut menjadikan alasan peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul Mekanisme Program Cek Fakta di Jabar Saber Hoaks Studi Kasus Pada Pelaksanaan Program Cek Fakta dibeberapa SMA yang dilakukan Oleh Jabar Saber Hoaks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme cek fakta yang dilakukan Jabar Saber Hoaks dalam pelaksanaan programnya, dan mengapa mereka menargetkan generasi muda khususnya siswa Sekolah Menengah Atas untuk pelaksanaan programnya. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan post-positivisme. Penelitian ini menghasilkan, dalam menentukan kebenaran informasi kegiatan mekanisme cek fakta di Jabar Saber Hoaks, merujuk pada sumber informasi yang berkaitan dengan asal berita tersebut, apabila dalam platform resmi belum ada hasil kebenaran informasinya, pihak Jabar Saber Hoaks akan menghubungi pihak terkait apabila masih memungkinkan untuk dihubungi. Jabar Saber Hoaks melaksanakan program cek fakta di beberapa SMA dengan program sosialisasinya yang disebut Milarian Fakta. Program ini yang dikhususkan untuk generasi muda melalui website yang dimiliki Jabar Saber Hoaks. Program ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan literasi digital bagi generasi muda. Sebagai generasi yang akan membawa perubahan untuk Indonesia, mekanisme cek fakta penting untuk dilakukan karena hal ini akan membantu mereka lebih kritis menerima suatu informasi, sehingga tidak akan terjebak dalam narasi suatu berita.
References
Annisa, W. N., Agustina, C. W., & Puspitasari, Wahyuningtyas, D. (2021). Peran Literasi Digital untuk Mencegah Penyebaran Hoaks bagi Masyarakat Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 113–118. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/68%0Ahttp://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/download/68/61
Cappello, G. (2017). Literacy, media literacy and social change. Where do we go from now? Italian Journal of Sociology of Education, 9(1), 31–44. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2017-1-3
Cho, H., Cannon, J., Lopez, R., & Li, W. (2022). Social media literacy: A conceptual framework. New Media and Society. https://doi.org/10.1177/14614448211068530
Christine Daymon, I. H. (2007). Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations dan Marketing Communications. Bentang Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=GO-PT5-RiKQC
Dulkiah, M., & Setia, P. (2020). Pola Penyebaran Hoaks pada Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam di Bandung Jawa Barat. Jurnal SMaRt, 06(02), 245–259.
Faidlatul Habibah, A., & Irwansyah, I. (2021). Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 350–363. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.255
Fardiah, D. (2021). Anticipating Social Media Effect: Digital Literacy among Indonesian Adolescents. International Journal of Multidisciplinary and Current Educational Research (IJMCER), 3(3), 206–2018. www.ijmcer.com
Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 15(1), 54–61. https://doi.org/10.33557/ji.v15i1.2204
Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187
Kent, M. L., & Li, C. (2020). Toward a normative social media theory for public relations. Public Relations Review, 46(1). https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.101857
Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1342
Ratmono, B. G. B. M. (2021). Demokrasi di Era Post Truth (2021). Kepustakaan Populer Gramedia. https://books.google.co.id/books?id=mBwpEAAAQBAJ
Sarosa, S. (n.d.). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius. https://books.google.co.id/books?id=YY9LEAAAQBAJ
Taufik, C. M., Kebangsaan, U., & Indonesia, R. (2022). Media , Kebenaran , dan Post-truth (Issue March).
Wibowo, K., Hadi, D., Si, M., Studi, P., Ilmu, S., Fakultas, K., & Telkom, U. (2020). PERAN CEK FAKTA DALAM PENANGGULANGAN INFORMASI HOAKS DI MEDIA SOSIAL ( STUDI KASUS PROSEDUR CEK FAKTA JABAR SABER HOAKS ) Keywords : Hoax , Check Fact , Social Media . PENDAHULUAN 1 . 1 Konteks Penelitian Jabar Saber Hoaks adalah unit kerja pemberantas ho. E-Proceeding of Management, 7(2), 4795–4810.
Winarno. (2015). Bab Iii Metodologi Penelitian Kualitatif. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2003, 2013–2015.
Putri Almi Almaira and Wahyunegsih, “Anticipatory Attitude of Millennials Towards Hoaxes,” Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital, pp. 81–86, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrjmd.v3i2.2472.
Moch. Dickry Sabbieq Nursidqi and Aning Sofyan, “Kampanye Politik Aggota DPRD Kabupaten Garut Jawa Barat pada Pemilu 2019,” Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital, pp. 87–98, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrjmd.v3i2.2644.
Muhammad Fachri Yusuf and Alex Sobur, “Representasi Perjuangan Ras Kulit Hitam untuk Melawan Rasialisme dalam Film ‘Summer Of Soul,’” Person: Perspectives In Communication, vol. 1, no. 1, 2023.