Konstruksi Realitas Pemberitaan Pengesahan KUHP pada Tempo.Co dan Media Indonesia

  • Alkahfa Adisurya Nanda Permana Ilmu Komunikasi
  • Septiawan Santana Kurnia Permana Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
Keywords: Pengesahan KUHP, Analisis Framing, Media Indonesia

Abstract

Abstract. The rapid development of digital media has become something very important; information that is current, accurate interesting, and easy to access. In 2019, Indonesia drafted the KHUP law. On December 6, 2022, the RKUHP was passed into the Criminal Code Law by the DPR RI. There is much controversy regarding the ratification of this law, there are pros and cons as well as neutrality towards the ratification of this law. This research is aimed at seeing how the online media portals Tempo.co and Media Indonesia frame news regarding the ratification of the Criminal Code Law. The research methodology used is Robert M. Entman's framing analysis model which consists of four analytical structures, namely, Define the Problem, Diagnose the Cause, Make a Moral Judgment, and Treatment Recommendation. The results of the research show that Tempo and Media Indonesia both show balanced, objective news framing, following existing facts even though Tempo is known for its integrity as the fourth pillar of democracy in Indonesia, and Media Indonesia is owned by one of the big political figures in Indonesia.

Abstrak. Perkembangan Digital yang begitu pesat pada media menjadi suatu hal yang sangat penting; informasi-informasi yang aktual, akurat dan menarik serta mudah untuk diakses. Pada tahun 2019 lalu, Indonesia merangcang undang-undang KHUP. Pada 6 Desember 2022, RKUHP disahkan menjadi Undang-Undang KUHP oleh DPR RI. Banyak kontroversi terhadap pengesahan Undang-undang tersebut, adanya pro dan kontra serta netral terha dap pengesahan Udang-undang tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk melihat bagaimana portal media online Tempo.co dan Media Indonesia membingkai sebuah berita mengenai pemberitaan pengesahan Undang-Undang KUHP. Metodologi penelitian yang digunakan adalah analisis framing model Robert M. Entman yang terdiri dari empat struktur analisis yaitu, Define Problem, Diagnose Cause, Make Moral Judgment, Treatment Recommendation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tempo dan Media Indonesia sama-sama menunjukkan framing berita yang berimbang, objektif, mengikuti fakta yang ada walaupun Tempo yang sudah dikenal berintegritas menjadi pilar keempat demokrasi di Indonesia, dan Media Indonesia yang dimiliki oleh salah tokoh politik besar di Indonesia.

References

Bungin, B. Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan

Televisi, dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2008.

Dharma, Ferry Adhi. “Konstruksi Realitas Sosial:Pemikiran Peter L. Berger Tentang Kenyataan Sosial.” Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 7, no. 1, 1 Sept. 2018, pp. 1–9, 10.21070/kanal.v6i2.101. Accessed 15 Dec. 2020.

---. “Konstruksi Realitas Sosial:Pemikiran Peter L. Berger Tentang Kenyataan Sosial.” Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 7, no. 1, 1 Sept. 2018, pp. 1–9, 10.21070/kanal.v6i2.101. Accessed 15 Dec. 2020.

Dharma, Muthia. Analisis Framing Revisi UU Terorisme Pasca Serangan Bom Sarinah Pada Media Online Detik.com & Kompas.com. 2016.

---. Analisis Framing Revisi UU Terorisme Pasca Serangan Bom Sarinah Pada Media Online Detik.com & Kompas.com. 2016.

Gaio, Ana Maria Sarmento, et al. “ANALISIS FRAMING ROBERT ENTMAN PADA PEMBERITAAN KONFLIK KPK vs POLRI DI VIVANEWS.CO.ID DAN DETIKNEWS.COM.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), vol. 4, no. 3, 12 Nov. 2015, publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/126/161. Accessed 14 Jan. 2023.

---. “ANALISIS FRAMING ROBERT ENTMAN PADA PEMBERITAAN KONFLIK KPK vs POLRI DI VIVANEWS.CO.ID DAN DETIKNEWS.COM.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), vol. 4, no. 3, 12 Nov. 2015, publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/126/161. Accessed 14 Jan. 2023.

Giofany, Septi. ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN YOSI MOKALU “PROJECT POP” SANG INFLUENCER PADA MEDIA ONLINE TEMPO.CO. 2021, repository.uir.ac.id/10738/1/179110170.pdf.

---. ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN YOSI MOKALU “PROJECT POP” SANG INFLUENCER PADA MEDIA ONLINE TEMPO.CO. 2021, repository.uir.ac.id/10738/1/179110170.pdf.

Saputri, Annisa Bella Syana. Konstruksi Pesan RUU KUHP DalamMedia Baru (Studi AnalisisFramingdi Portal BeritaDaring Liputan6.com Dan Tirto.id. 2020.

---. Konstruksi Pesan RUU KUHP DalamMedia Baru (Studi AnalisisFramingdi Portal BeritaDaring Liputan6.com Dan Tirto.id. 2020.

Sumual, Sheryl Audrey Devira, et al. “Konstruksi Realitas Dalam Pemberitaan RUU KUHP Pada Portal Berita Detik.com Dan Kompas.com.” ACTA DIURNA KOMUNIKASI, vol. 2, no. 4, 16 Oct. 2020, ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/30765/29556. Accessed 14 Jan. 2023.

---. “Konstruksi Realitas Dalam Pemberitaan RUU KUHP Pada Portal Berita Detik.com Dan Kompas.com.” ACTA DIURNA KOMUNIKASI, vol. 2, no. 4, 16 Oct. 2020, ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/30765/29556. Accessed 14 Jan. 2023.

Fais Azhar Djohari and Dian Widya Putri, “Analisis Framing Pemberitaan Wacana Jokowi 3 Periode,” Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital, pp. 113–122, Dec. 2023, doi: 10.29313/jrjmd.v3i2.2745.

M. Abdi Octavianus and Doddy Iskandar, “Analisis Framing Pan dan Kosicki mengenai Pro Kontra Deforestasi Hutan di Indonesia dalam Bingkai Media Daring Tempo.co dan Detik.com,” Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital, pp. 1–8, Jul. 2023, doi: 10.29313/jrjmd.v3i1.1754.

Nadia Mayang Cahyani, “Makna Tanda Kerja Keras pada Iklan Layanan Masyarakat,” Person: Perspectives In Communication, vol. 1, no. 1, 2023.

Published
2024-02-07