Implementasi Metode Muri-Q Dalam Pengembangan Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Bagi Siswa Kelas 3 Di SDIT At-Taqwim
Abstract
Abstract. This study aims to determine the implementation of the Muri-Q method in the development of learning to read the Qur'an for grade 3 students at SDIT At-Taqwim. The Qur'an is a kallāmullāh handed down to the Prophet Muhammad SAW and by reading it will be worth worship. The reason behind the author in making this thesis is because the learning to read the Qur'an in elementary school, especially is still not optimal, where there are still many children who cannot read the Qur'an properly and correctly. This certainly needs to be overcome through appropriate methods, one of which is by applying the right learning methods to the learning of the Qur'an. The method used in this study is to use a qualitative approach and use descriptive research methods. The data obtained by the researchers obtained from the implementation of the Muri-Q method in learning to read the Qur'an which was formulated was related to planning, implementation, and supporting and inhibiting factors, in the process of developing Qur'an readings at SDIT At-Taqwim which was then carried out an in depth study. The data sources obtained are informant data sources and also secondary data sources, which use observation techniques, interviews, and documentation. The results of the research obtained in the research are, the Muri-Q method is a very appropriate method applied in the development of learning to read the Qur'an, especially in grade 3, because the Muri-Q method itself is a method with the technique of chanting the Qur'an reading in accordance with the tajwīd.
Keywords: Muri-Q Method, Development, Learning to Read the Qur’an.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Muri-Q dalam pengembangan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi siswa kelas 3 di SDIT At-Taqwim. Al-Qur’an adalah sebuah kallāmullāh yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan dengan membacanya akan bernilai ibadah. Adapun yang melatarbelakangi penulis dalam membuat skripsi ini adalah karena pembelajaran membaca Al-Qur’an di sekolah dasar terkhususnya masih kurang maksimal, dimana masih banyak anak-anak yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Hal tersebut tentu perlu diatasi melalui cara-cara yang tepat, salah satunya adalah dengan penerapan metode pembelajaran yang tepat pada pembelajaran Al-Qur’an. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode penelitian deskriptif. Data yang diperoleh peneliti didapatkan dari implementasi metode Muri-Q dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an yang dirumuskan adalah terkait dengan perencanaa, pelaksanaan, dan faktor pendukung dan penghambat, dalam proses pengembangan bacaan Al-Qur’an di SDIT At-Taqwim yang kemudian dilakukan pengkajian secara mendalam. Sumber data yang diperoleh berupa sumber data informan dan juga sumber data sekunder, yang menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian adalah, metode Muri-Q ini adalah metode yang sangat tepat diterapkan dalam pengembangan pembelajaran membaca Al-Qur’an terkhususnya pada kelas 3, karena metode Muri-Q ini sendiri adalah metode dengan teknik melagukan bacaan Al-Qur’an sesuai dengan tajwīdnya.
Kata Kunci: Metode Muri-Q, Pengembangan, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an.
References
[1] Djaramah, & Syaiful. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
[2] Muzayyin, A. (2005). Filsafat Pendidikan Islam . Jakarta : PT Bumi Aksara.
[3] M, D. (2011). Muri-Q Murattal Irama Qur'an . Surakarta : Teras.
[4] Nasution. (1996). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif . Bandung : TARSITO.
[5] Lilya, S. (2016). Modul Metode Penelitian . Malang : Departemen Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Universitas Brawijaya Fakultas Teknik.
[6] Sobry, & Prosmala. (2020). Penelitian Kualitatif . Lombok : Holistica.
[7] Julia, K. (2021). Definisi Perencanaan Pembelajaran . publication , 1.
[8] M, D. (2011). Muri-Q Murattal Irama Qur'an . Surakarta : Teras.
[9] Aprida, & Darwis. (2017). Belajar dan Pembelajaran . FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman , 333-352.
[10] Nini, I. (2014). Metode, Model, dan Media Pembelajaran serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran . Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
[11] Nini, I. (2014). Metode, Model, dan Media Pembelajaran serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran . Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
[12] Alaika, & Abdul. (2019). Membangun Kemampuan Membaca Al-Qur’an Maha santri Melalui Pembelajaran Al-Qur’an di YPPP. An-Nuriyah Surabaya . Risalah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam , 92-104.
[13] Sopian, L. (2020). Konsep Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an pada Pendidikan Dasar. MUBTADA: Jurnal Ilmiah dalam Pendidikan Dasar, 64-82.
[14] Aquami. (2017). Korelasi antara Kemampuan Membaca Al-Qur’andengan Keterampilan Menulis Huruf Arab pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang . JPI: Jurnal Ilmiah PGMI , 77-88.