Manajemen Pelatihan Rohis: Studi Deskriptif Di SMA Negeri 1 Lembang Bandung Barat

  • Krisna Kurniawan Munizat Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah & Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Enoh
  • Ayi Sobarna
Keywords: Rohis, Manajemen Pelatihan

Abstract

Abstrak. Sebuah penelitian ilmiah menyatakan, bahwa kualitas generasi muda merupakan cermin masa depan bangsa. Suatu bangsa yang berhasil membina generasi mudanya baik pada aspek moral, pengetahuan maupun keterampilan akan menjadi bangsa pemenang dikemudian hari. Mayoritas generasi muda sekarang menghabiskan waktunya dengan banyak hal yang kurang bermanfaat. Dalam hal ini IKRISMA Rohis menjadi wadah dan contoh bagi generasi muda untuk memberikan kebermanfaatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik. karena peneliti berusaha untuk menguraikan dan menggambarkan secara tersusun dan sistematis fakta dan kejadian yang ada di lapangan secara mendalam untuk mengetahui Manajemen Pelatihan ekstrakurikuler Rohis di SMA Negeri 1 Lembang. IKRISMA Rohis SMA Negeri 1 Lembang melalui kegiatan PDKM (Pelatihan Dasar Kepemimpinan Muslim) dan PPKM (Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan Muslim) mulai dari perencanaan tujuan, perencanaan kegiatan pelatihannya, kesiapan yang dilakukan panitia dan peserta, perencanaan fasilitas serta finansial sudah Rohis SMA Negeri 1 Lembang implementasikan dalam perencanaan yang dirancang. Kemudian kegiatan pelaksanaan mulai dari pra pelaksanaan, pelaksanaan, sampai ke pasca pelaksanaan kegiatan juga sudah Rohis SMA Negeri 1 Lembang laksanakan segala macam rangkaiannya. Sampai terakhir evaluasi, dengan segala saran dan kritikannya, intropeksi mencari tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh peserta didik SMA Negeri 1 Lembang dan demi keberlangsungan Rohis SMA Negeri 1 Lembang semua terstruktur dengan baik dari sistem serta rangkaiannya juga. Sehingga dapat disimpulkan dalam segala rangkaian terkait Manajemen Pelatihan Rohis SMA Negeri 1 Lembang mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya sudah selaras dengan buku panduan yang dijadikan oleh peneliti sebagai acuan. Dengan penelitian ini tentu menjadi harapan besar bagi para pembaca khususnya sekolah-sekolah sederajat SMA untuk kembali memperhatikan peran Rohis dalam sekolah yang sangat bisa jadi pelopor kebangkitan generasi muda.

Abstract. A scientific study states that the quality of the younger generation is a mirror of the nation's future. A nation that succeeds in nurturing its young generation both in terms of morals, knowledge and skills will become a winning nation in the future. The majority of the younger generation now spends their time doing things that are less useful. In this case IKRISMA Rohis is a vessel and example for the younger generation to provide benefits. This research uses descriptive analytic research method. because researchers are trying to describe and describe in an organized and systematic way the facts and events that exist in the field in depth to find out the Spiritual Extracurricular Training Management at SMA Negeri 1 Lembang. IKRISMA Rohis SMA Negeri 1 Lembang through PDKM (Basic Muslim Leadership Training) and PPKM (Muslim Leadership Development Training) activities starting from planning goals, planning training activities, readiness by the committee and participants, planning facilities and finances already implemented Rohis SMA Negeri 1 Lembang in the designed plan. Then the implementation activities starting from the pre-implementation, implementation, to post-implementation of the activities have also been carried out by the Spirit of SMA Negeri 1 Lembang carrying out all kinds of series. Until the end of the evaluation, with all the suggestions and criticisms, introspection to find out what is really needed by the students of SMA Negeri 1 Lembang and for the sake of the spiritual continuity of SMA Negeri 1 Lembang, everything is well structured from the system and the circuit as well. So that it can be concluded that all series related to Spiritual Training Management at SMA Negeri 1 Lembang starting from the planning, implementation, and evaluation are aligned with the guidebook used by the researcher as a reference. With this research, it is certainly a great hope for readers, especially high school equivalent schools, to pay attention again to the role of Rohis in schools which can very well be pioneers in the revival of the younger generation.

References

[1] M. A. Dr. H. Agus Ahmad Safei, Panduan pembinaan kerohanian islam (rohis) sekolah di Provinsi Jawa Barat. 2019.
[2] S. Budi Raharjo, “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 16, pp. 229–238, 2020, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/123218-ID-pendidikan-karakter-sebagai-upaya-mencip.pdf
[3] R. Rubini, “Efektivitas pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Gunungkidul Yogyakarta,” Humanika, vol. 21, no. 1, pp. 83–98, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.32303.
[4] Eliyah, “IMPLEMENTASI MANAJEMEN ROHIS DI SMAN 1 WARINGINKURUNG,” 2022.
[5] U. B. Hatta, “Mengenal Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol,” 2021, [Online]. Available: https://ekonomi.bunghatta.ac.id/index.php/id/artikel/1364-mengenal-fungsi-manajemen-menurut-henry-fayol
[6] A. Kusnawan, Manajemen Pelatihan Dakwah. 2019.
Published
2023-08-10