Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Program Halaqah Di Madrasah Aliyah Swasta Manba’ul Huda

  • Renaldi Agusman Nurkhaliq UNISBA, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, PAI
  • Dedih Surana
  • Dewi Mulyani
Keywords: Kata Kunci: Karakter Religius, Program Halaqah, Madrasah Aliyah Swasta Manba’ul Huda.

Abstract

Abstract. The purpose of this study was to determine the process of the halaqah program at the Manba'ul Huda Islamic High School wherein the process includes the design of the halaqah program planning, the implementation of the halaqah program, the implications of the halaqah program and the supporting and inhibiting factors of the halaqah program. The main objective of this research is to find out the religious character resulting from this halaqah program which is useful for students' daily lives. This research is an empirical research using a qualitative descriptive approach. Data collection techniques in this research are using observation, interviews, and documentation studies. This qualitative research uses theoretical and empirical activities presented in the form of narrative texts to clearly explain the halaqah program and the impact of the halaqah program on the religious character of students at Manba'ul Huda Islamic High School. The results of this study indicate that the process of implementing the halaqah program in shaping the religious character of students at the Manba'ul Huda Islamic High School is divided into three stages of activity, namely opening, core, and closing activities. The methods for forming the religious character of students in a series of halaqah programs include exemplary, habituation, advice and supervision. The religious values ​​reflected in a series of halaqah programs are the values ​​of worship, spirit of jihad, morals, discipline, exemplary, trustworthiness, and sincerity.

Keywords: Religious Character, Halaqah Program, Manba'ul Huda Private Madrasah Aliyah.

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  proses pada program halaqah di Madrasah Aliyah Swasta Manba’ul Huda yang didalam proses tersebut terdapat desain perencanaan program halaqah, pelaksanaan program halaqah, implikasi dari program halaqah dan faktor pendukung dan penghambat dari program halaqah. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakter religius yang dihasilkan dari program halaqah ini yang berguna untuk kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian empirik dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian kualitatif ini menggunakan kegiatan secara teoritis dan empiris yang disajikan dalam bentuk teks naratif untuk memaparkan secara jelas mengenai program halaqah serta dampak dari program halaqah terhadap karakter religius peserta didik di Madrasah Aliyah Swasta Manba’ul Huda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan program halaqah dalam membentuk karakter religius peserta didik di Madrasah Aliyah Swasta Manba’ul Huda terbagi menjadi tiga tahap kegiatan yaitu kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. Adapun metode untuk membentuk karakter religius peserta didik dalam serangkaian program halaqah antara lain keteladanan, pembiasaan, nasihat dan pengawasan. Nilai-nilai religius yang tercermin dalam serangkaian program halaqah yaitu nilai ibadah, ruhul jihad, akhlak, kedisiplinan, keteladanan, amanah, dan ikhlas.

Kata Kunci: Karakter Religius, Program Halaqah, Madrasah Aliyah Swasta Manba’ul Huda.

References

Daftar Pustaka

[1] Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
[2] Djamarah, B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
[3] Fadhil, J. (1986). Filsafat Pendidikan dalam Al-Quran. Surabaya: Bina Ilmu.
[4] Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam books.
[5] Machali, Imam, dan Hidayat. (2018). The Hand Book of Education Management, Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
[6] Meleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
[7] Nashih, U. (2013). Tarbiyatul Aulad:Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Khatulistiwa Press.
[8] Ruswandi. (2007). Manajemen Mentoring. Bandung: Syaamil.
[9] Ulwan. (1992). Kaidah-Kaidah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[10] Zainal, V. R. (2013). Islamic Education Management, Dari Teori ke Praktik, Mengelola Pendidikan secara Profesional dalam Prespektif Islam. Jakarta: Raja Grafindo.
Published
2023-08-10