PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAIBP) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 243 CICABE BANDUNG
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 243 Cicabe Tahun Ajaran 2022/2023 semester II di kelas V yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experiment dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Desain. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran PAIBP terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dari meningkatnya hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan model pembelajaran TGT perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu pada ranah afektif di kelas eksperimen sebelum (71,75) setelah (87), sedangkan dikelas kontrol sebelum (72,12) setelah (75). Kemudian nilai rata-rata yang diperoleh pada hasil belajar ranah kognitif di kelas eksperimen sebelum (72,6) setelah (83,2), sedangkan di kelas kontrol sebelum (70,30) setelah (70,61). Ranah psikomotor memperoleh nilai rata-rata di kelas eksperimen sebelum (71,31) setelah (87), sedangkan di kelas kontrol sebelum (71,79) setelah (79). Berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji mann whitney memperoleh hasil asymp.Sig.(2-tailed) sebesar ,000, maka dapat dikatakan diterima dan ditolak karena ,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP di kelas V SDN 243 Cicabe, dengan nilai rata-rata lebih tinggi dibanding model pembelajarn konvensional.
References
[2] Nugraha CP, Subroto WT. Pengaruh penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan media role card terhadap motovasi belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kediri. J Penelit. 2020;08:705.
[3] Rompegading AB, Safitri M, Irfandi R. Perbandingan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan Student Achievement Division. J Pendidik Biol dan Sains. 2021;4:20511.
[4] Nasution MK. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 2017;11(1):916.
[5] Nurtanto M, Sofyan H. Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK. J Pendidik Vokasi. 2019;5(November 2015):35264.
[6] Firmansyah MI, Tantowi YA, Fawziah R. MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT : Suatu Analisis Hasil Implementasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2019;6(2):104–13.
[7] Meri EG, Mustika D. Peran guru dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. 2022;4:200–8.
[8] Wardani, Dian K, Huda, Saihul A, Al-adawiyah R. Pengaruh Model Pembelajaran TGT Pada Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran. J Educ Manag Stud. 2022;5(3).
[9] Fauziyah S, Hendriani A, Kurniasih K. Peningkatan keterampilan kerjasama melalui model pembelajaran kooperatif teams games tournament kelas III sekolah dasar. J Pendidik Guru Sekol Dasar. 2019;4:196210.
[10] Suardin S, Andriani WOL. Studi komparatif model problem solving dengan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar (SD). J Ilmu Pendidik. 2021;3(1):22734.
[11] Rosita I. Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share. J Form. 2020;3(1):110.
[12] Nurrahmah S. Meningkatkan hasil belajar fiqih materi qurban dan aqiqah melalui pembelajaran kooperatif model TGT tahun pelajaran 2021/2022. KASTA J Ilmu Sos Agama, Budaya, dan Terap [Internet]. 2022;1(1):110. Available from: http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/kasta
[13] Kusuma Wardani BA. Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAPK Mata Pelajaran Ushul Fiqh MAN 4 Jombang. Educ Manag Stud. 2021;4(3).
[14] Tasya N, Abadi AP. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. J Ilm Aquinas [Internet]. 2021;4(1):604. Available from: https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
[15] Gunawan I. Pengantar Statisitka Inferensial. Cetakan ke. Oktiviena O, editor. PT Rajagrafindo Persada; 2017. 92116 p.
[16] Quraisy A, Madya S. Analisis Nonparametrik Mann Whitney Terhadap Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. J Stat Its Appl Teach Res. 2021;3(1):517.
[17] Sriwidadi T. Analisis Penggunaan Statistik Non Parametrik. J Binus. 2017;75162.
[18] Sani RA. Strategi Belajar Mengajar. Edisi1 ed. Sani RA, editor. Depok: PT Rajagrafindo Persada; 2019. 38 p.
[19] Samuel D, Santosa S. Manfaat pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) dalam mata pelajaran. 2018;