Implementasi Metode Syafii’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri Di Ma’had Tahfidz Oase Qur’ani Bandung

  • Isma Octaviani Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Isma Octaviani
Keywords: Implementation, Syafii’an Method, Quality of Memorization, Qur’an., Implementasi, Metode Syafii’an, Kualitas Hafalan, Al-Qur’an.

Abstract

Memorizing the Qur'an has been a necessity for Muslims throughout the ages; therefore, the memorizers of the Qur'an from the time of the Prophet (peace be upon him) until now have a high position in the side of Allah Almighty, but the effort in memorizing the Qur'an is not an easy thing, so the right method is needed in order to achieve success in memorizing the Qur'an. This study aims to 1) describe the planning of the Syafii'an method in improving the quality of memorization of the Qur'an santri; 2) describe the implementation of the Shafi'an method; 3) describe the evaluation of the Shafi'an method; and 4) describe the supporting and inhibiting factors in the implementation of the Syafii'an method in Ma'had Tahfidz Oase Qur'ani Bandung. The data analysis technique uses data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing / verification. From the results of this study, it was found that the process of memorizing the Qur'an using the Syafii'an method can improve the quality of memorization of the Qur'an. Santri has strong memorization as well as good recitation of the Qur'an. In addition, students can find out the theme of each surah in the Quran, and each student can achieve memorization targets that have been determined by the Islamic boarding school. The supporting factors in the Syafii'an method are righteous intentions and supporting facilities and infrastructure, while the inhibiting factors are intelligence factors, health factors, a lack of motivation in students, and a lack of discipline in students.

Menghafal Al-Qur’an merupakan kebutuhan umat islam sepanjang zaman, oleh karena itu, para penghafal Al-Qur’an dari zaman Rasullullah Saw., sampai sekarang mendapat kedudukan yang tinggi disisi Allah Swt., namun usaha dalam menghafal Al-Qur’an bukanlah hal yang mudah sehingga diperlukan metode yang tepat agar dapat mencapai keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan tentang perencanaan metode Syafii’an dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri; 2) mendeskripsikan tentang pelaksanaan metode Syafii’an; 3) mendeskripsikan tentang evaluasi metode Syafii’an; 4) mendeskrispsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi metode Syafii’an di Ma’had Tahfidz Oase Qur’ani Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun Teknik analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses menghafal Al-Qur’an menggunakan metode Syafii’an dapat meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri. Santri memiliki hafalan yang kuat serta bacaan Al-Qur’an yang baik, selain itu santri dapat mengetahui tema pada setiap surat dalam Al-Qur’an dan setiap santri dapat mencapai target hafalan yang telah ditentukan oleh pondok pesantren. Adapun faktor pendukung dalam metode Syafii’an ialah niat yang lurus serta sarana dan prasana penunjang sedangkan faktor penghambatnya ialah faktor kecerdasan, faktor kesehatan, kurangnya motivasi dalam diri santri dan kurangnya rasa disiplin dalam diri santri.

References

[1] M. Bustomi and S. Laeli, “Pembinaan Program Tahsin Al-Qur’an dalam Meningkatkan Potensi Menghafal Al-Qur’an Anak-Anak di Majelis Ta’lim Nurul Fadhilah,” J. Pengabdi. Pada Masy., vol. Vol.2, no. No.2, p. 170, 2021, doi: 10.30997/ejpm.v2i2.4346.
[2] A. Fathurrohman, “Strategi Meningkatkan Motivasi Tahfidz Al-Qur’an Pada Pondok Pesantren,” Ta’dib J. Pendidik. Islam dan Isu-Isu Sos., vol. 20, no. 1, pp. 76–90, 2022, doi: 10.37216/tadib.v20i1.542.
[3] K. Ariyadi, Metode Mutqin, 1st ed. Bandung: CV.Media Cendekia Muslim, 2017.
[4] U. Sidiq and M. M. Choiri, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, 1st ed., vol. 53, no. 9. ponorogo: Cv.Nata Karya, 2019. [Online]. Available: http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf
[5] Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, 3rd ed. Bandung: Alfabeta,CV, 2020.
Published
2023-08-09