Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X IPA SMA IT Al Hidayah
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media sosial Instagram terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X IPA pada mata pelajaran PAI, adapun yang menjadi subjek dari penelitianini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang terbagi menjadi du akelas yaitu IPA 1 dan IPA 2 yang berjumlah 55 orang. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Dan untuk Teknik pengumpulan data ini untukminat belajar adalah angket/questioner dan untuk hasil belajar adalah tes. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t (Independent Sample T-test). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media sosial Instagram dalam proses pembelajaran mata pelajaran PAI berpengaruh terhadap minat belajar siswa sedangkan untuk hasil belajar siswa sebagian tidak berpengaruh, Berpengaruh terhadap minat belajar ditunjukan dengan total skor angket dan nilai rata-rata siswa yang telah diperoleh kelas eksperimen lebih tinggidibandungkan kelas kontrol kemudian ditunjukan uji hipotesis dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.01 dan 0.00 < 0.05. Kemudian 1 dari 3 yang diujikan tidak berpengaruh ditunjukan uji hipotesis dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.336 > 0.05.
Abstract. The purpose of this study was to find out the use of social media Instagram on the interest and learning outcomes of class X IPA students in PAI subjects, while the subjects of this study were all students of class X IPA which were divided into two classes, namely IPA 1 and IPA 2, totaling 55 person. This type of research is a type of quantitative research with quasi-experimental methods. And for this data collection technique for interest in learning is a questionnaire and for learning outcomes is a test. Data analysis techniques were performed by t-test (Independent Sample T-test). The results of this study indicate that Instagram social media in the learning process of PAI subjects has an effect on students' learning interest while for some student learning outcomes it has no effect. The influence on learning interest is shown by the total score of the questionnaire and the average value of students who have obtained the experimental class is higher than the control class was then shown a hypothesis test with a Sig. (2-tailed) namely 0.01 and 0.00 < 0.05. Then 1 out of 3 tested has no effect shown by hypothesis testing with a Sig value. (2-tailed) namely 0.336 > 0.05.
References
Amriani. (2014). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pai siswa sd inp lasepang kecamatan bantaeng kabupaten bantaeng.
Ahmad. (2020). Analisis fitur dalam aplikasi instagram sebagai media pembelajaran online mata pelajaran biologi untuk siswa sekolah menengah atas.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Komunikasi.