KARAKTERISTIK PENDIDIK IDEAL DALAM PERSPEKTIF AL - QUR’AN (KAJIAN TAFSIR MAUDHU’I QS. 5:35, QS. 7:29, QS. 9:105, QS. 19:96, QS. 33:21, QS. 33:70)
Abstract
Abstract: Al-Qur’an is regarded as the greatest miracle revealed to the Prophet Muhammad SAW, as a guide and source of law for human life, particularly for believers in the truth. The purpose of sending down the Qur’an is to guide people to the straight path and to direct people so that they always hold to the Qur’an and practice all of its contents in their lives. The objectives of this study are follow : (1) To find out the mufassirs’ perspectives on QS. 5:35, QS. 7:29, QS. 9:105, QS. 19:96, QS. 33:21, and QS. 33:70. (2) To find out the essence contained in QS. 5:35, QS. 7:29, QS. 9:105, QS. 19:96, QS. 33:21, and QS. 33:70. (3) To know the perspective of education experts on the qualities of an ideal educator. (4) To find out the implications of ideal educator characteristics.
The descriptive-analytical method of data collection was used in this research, namely library research by thoroughly examining various interpretations, books, and articles related tp the subject matter of the research.Based on the findings of the analysis, it can be concluded that QS. 5:35, QS. 7:29, QS. 9:105, QS. 19:96, QS. 33:21, and QS. 33:70 contained several forms of ideal educator characteristics, namely : 1) Fear of God, 2) Sincerity, 3) Work hard and earnestly, 4) Have a sense of love and compassion, 5) Be a good role model, and 6) Mind our words.
Key words: Characteristics, the Ideal Educator.
Abstrak : Al-Qur’an sebagai mukjizat terbesar yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai pedoman dan sumber hukum bagi kehidupan manusia terutama bagi orang-orang yang meyakini kebenarannya. Tujuan dari diturunkan Al-Qur’an untuk membimbing manusia ke jalan yang lurus, serta mengarahkan manusia agar dalam kehidupannya selalu senantiasa berpegang teguh pada Al-Qur’an dan mengamalkan seluruh isinya. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui pendapat para mufassir tentang QS. 5:35, QS. 7:29, QS. 9:105, QS. 19:96, QS. 33:21, QS. 33:70. (2) Untuk mengetahui Esensi yang terkandung dalam QS. 5:35, QS. 7:29, QS. 9:105, QS. 19:96, QS. 33:21, QS. 33:70. (3) Untuk mengetahui pendapat para pakar pendidikan tentang karakteristik pendidik ideal. (4) untuk mengetahui implikasi tentang karakteristik pendidik ideal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analisis teknik pengumpulan datanya yaitu kepustakaan (library research) dengan mengkaji secara mendalam dari berbagai tafsir, buku, dan artikel yang berhubungan dengan pokok masalah penelitian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan QS. 5:35, QS. 7:29, QS. 9:105, QS. 19:96, QS. 33:21, QS. 33:70 bahwa terdapat beberapa bentuk karakteristik pendidik ideal yang ditemukan dari ayat Al-Qur’an tersebut yaitu : 1) Bertakwa, 2) Ikhlas, 3) Bekerja keras dan sungguh-sungguh, 4) Memiliki rasa cinta dan kasih sayang, 5) Menjadi suri teladan yang baik dan 6) Menjaga lisan.
Kata Kunci : Karakteristik, Pendidik Ideal.
References
Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 1-26