Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Baghdadi SD AL-Falah Boarding School Cicalengka-Bandung

  • Putri Intan Altafunnisa Asmed, Yusneli Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Keywords: Al-Qur’an, Metode Baghdadi, Minat Membaca., Advertising, The Baghdadi Method, Interest in Reading.

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode baghdadi dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an di SD Al-Falah Cicalengka, mengetahui faktor penghambat dan pendukung metode baghdadi dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an di SD Al-Falah Cicalengka. Metode Baghdadi adalah sebuah pendekatan yang memadukan teknik-teknik yang inovatif dan interaktif dalam pembelajaran Al-Qur’an. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan analisis terhadap kajian-kajian sebelumnya yang relevan. Adapun faktor yang menyebabkan menurunnya minat membaca Al-Qur’an seperti kurangnya pemahaman teks, metode pengajaran yang monoton, dan kurangnya motivasi. Metode ini melibatkan penggunaan teknologi dan multimedia, seperti aplikasi digital Al-Qur’an dengan fitur-fitur interaktif, rekaman suara berkualitas tinggi, dan animasi yang menarik. Metode Baghdadi juga mengutamakan pemahaman makna ayat-ayat Al-Qur’an melalui penggunaan metode tafsir yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode Baghdadi dapat secara signifikan meningkatkan minat membaca Al-Qur’an. Partisipan penelitian melaporkan rasa antusiasme yang lebih tinggi dalam mempelajari Al-Qur’an melalui pendekatan ini. Kesimpulannya dengan penggunaan Metode Baghdadi dalam pembelajaran Al-Qur’an memiliki potensi besar untuk meningkatkan minat membaca Al-Qur’an.

Abstract

This study aims to determine the implementation of the baghdadi method in increasing interest in reading the Koran at SD Al-Falah Cicalengka, to find out the inhibiting and supporting factors of the baghdadi method in increasing interest in reading the Koran at SD Al-Falah Cicalengka. The Baghdadi method is an approach that combines innovative and interactive techniques in learning the Qur'an. In this study, a qualitative approach was used with the method of literature study and analysis of relevant previous studies. As for the factors that cause a decrease in interest in reading the Qur'an such as lack of understanding of the text, monotonous teaching methods, and lack of motivation. This method involves the use of technology and multimedia, such as digital Al-Qur'an applications with interactive features, high-quality sound recordings, and attractive animations. The Baghdadi method also prioritizes understanding the meaning of the verses of the Qur'an through the use of a comprehensive interpretation method. The results of the study show that the use of the Baghdadi Method can significantly increase interest in reading the Qur'an. Research participants reported a higher sense of enthusiasm in learning the Qur'an through this approach. In conclusion, the use of the Baghdadi Method in learning the Qur'an has great potential to increase interest in reading the Qur'an.

References

1. Nata A. Filsafat Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu: Logos Wacana Ilmu; 1997.
2. Musafiri MR. Pengaruh Minat Baca Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam IAI Darussalam Blokagung. J Darussalam J Pendidikan, Komun dan Pemikir Huk Islam. 2016;7(2):466–78.
3. Bachri B. Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. J Teknol Pendidik. 2010;10(1):46–62.
4. Djunaid H. Konsep Pendidikan Dalam Al-Qur’an (Sebuah Kajian Tematik). J Lentera Pendidik. 2014;17(1):141.
5. Yuliah E. Implementasi Kebijakan Pendidikan. J at-Tadbir Media Huk dan Pendidik. 2020;30(2).
6. Hadi S. Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif pada Skripsi. J Ilmu Pendidik. 2016;22(1):9–74.
7. Hasanah H. Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). J at-Taqaddum. 2016;8(2):21–46.
8. Ash-Shabuni, A., Muhammad S. Ikhtisar Ulumul Qur’an. Jakarta: Pustaka Amani; 2001.
9. Ash Shiddiqi H. Sejarah dan Pangantar Ilmu Al-Qur’an/ Tafsir. Yogyakarta: Bulan Bintang; 1980.
10. Al-Abrasy, M. A. Al-Tarbiyah al-Islamiyah. Terj. Bustami A. Goni dan Djohar Bakry. Jakarta: Bulan Bintang; 1968.
11. Al-Attas N. Konsep Pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan; 1988.
12. Al-Dausary M. Keutamaan-Keutamaan Al-Qur’an. 1:68-85. Jakarta: Buku Alukah Edisi; 2016.
13. Anshori H. Ulumul Qur’an: kaidah-kaidah memahami firman tuhan. Jakarta: Buku Rajawali Pers; 2013.
14. Asy-Syidieqy, Hasbi T. Tafsir Al-Qur’anul Majid An Nuur Jilid I. Semarang: PT. Rizki Putra; 1995.
15. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Departemen Agama; 2009.
16. Departemen Agama RI. Al-Hikmah Al-Qur’an dan terjemah. Bandung: Diponegoro; 2004.
17. Departemen Agama RI. Al-Jumanatul Ali Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit J-ART; 2004.
18. Kementrian Agama. Al-Qur’an Hadits. Jakarta: Kementrian Agama; 2014.
Published
2023-08-07