Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bidayatul Hidayah dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas XI Madrasah Aliyah
Abstract
Abstract. Moral education plays a crucial role in an individual's personal development. Through moral education, individuals are taught moral values, ethics,
and proper actions, which help shape good character. Moral education can be implemented through formal, non-formal, and informal education. One application
of moral education in formal education is at the Madrasah Aliyah level, with a curriculum covering matters of faith and morality. Kitab Bidayatul Hidayah, written
by Imam Al-Ghazali, can be used as a reference to enhance moral education. The aim of this research is to describe the values of moral education found in Kitab Bidayatul Hidayah and correlate them with the Aqidah Akhlak material for class 11 in Madrasah Aliyah. This research is a literature study using a qualitative approach. Data collection is conducted through literature review, and data analysis is carried out using content analysis. The research findings reveal that the values of moral education in Kitab Bidayatul Hidayah consist of obedience, abstaining from sins, and etiquette in social interactions. As for their relevance to the Aqidah Akhlak material for class 11 in Madrasah Aliyah, they contain: 1) Moral education values concerning obedience that help students understand the importance of performing worship. 2) Moral education values concerning avoiding sins that help students comprehend the significance of guarding their body and heart to avoid major sins and bad manners. 3) Moral education values concerning social interactions that help students understand how to interact with Allah SWT and fellow human beings.
Abstrak. Pendidikan akhlak memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan pribadi seseorang. Melalui pendidikan akhlak individu diajarkan nilai-nilai moral, etika, dan tindakan yang benar sehingga mampu membentuk karakter yang baik. Pendidikan akhlak dapat direalisasikan melalui pendidikan formal, nonformal, dan informal salah satu penerapan pendidikan akhlak dalam pendidikan formal adalah pendidikan akhlak yang dilaksanakan pada jenjang Madrasah Aliyah dengan kurikulum yang mencakup materi akidah dan akhlak. Kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali dapat dijadikan rujukan dalam meningkatkan pendidikan akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Bidayatul
Hidayah dan merelevansikannya dengan materi Akidah Akhlak kelas 11 Madrasah Aliyah. Penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, dan teknik analisis data dilakukan dengan metode analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan: Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab bidayatul hidayah terdiri atas ketaatan, meninggalkan maksiat, dan akhlak dalam pergaulan. Adapun relevansinya dengan materi Akidah Akhlak kelas XI Madrasah Aliyah sama-sama mengandung: 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak mengenai ketaatan membantu siswa memahami pentingnya menjalankan ibadah. 2) Nilai-nilai Pendidikan akhlak dalam meninggalkan maksiat membantu siswa memahami pentingnya menjaga anggota tubuh dan hati untuk menghindari dosa besar dan akhlak tercela. 3) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam pergaulan dapat membantu siswa memahami bagaimana bergaul dengan Allah SWT dan sesama manusia.
References
2. Muhtadi B. Survey “tata nilai, impian, cita-cita pemuda muslim di Asia Tenggara” yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia bersama Goethe Institute. Detikknews. 2011;
3. Dakta.com. Catatan KPAI tahun 2022, pengeriyokan ABG dan tawuran pelajar marak terjadi meski masa pandemi. bijak.cerdas. 2022;
4. Agama BP. Dispensasi Pernikahan Anak yang Diputus Pengadilan Agama. DataIndonesia.id. 2022.
5. BKKBN. Kehamilan Tidak Direncanakan Picu Lahirnya Bayi Stunting Baru. BKKBN. 2022.
6. Kesehatan K. Kasus Pengidap AIDS. 2021.
7. BNN P dan. Jumlah kasus dan tersangka tindak pidana narkoba. 2022.