Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Karakter Religius di Sekolah Penggerak SDN 235 Lengkong Kecil Bandung

  • Elsa Noviana Simabura Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Aep Saepudin
  • Huriah Rachmah
Keywords: Kurikulum Merdeka, Sekolah Penggerak, Karakter Religius

Abstract

Abstrak. Kurikulum Merdeka merupakan solusi dalam memulihkan pembelajaran yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Dengan adanya peralihan kurikulum, diharapkan dapat mengasah kembali minat dan bakat peserta didik dengan berfokus kepada pengembangan materi esensial, karakter dan kompetensi peserta didik. Sekolah Penggerak ialah upaya pemerintah dalam mentransformasi sekolah, dalam mengembangkan hasil belajar peserta didik secara holistik yang mencakup literasi dan numerasi serta karakter. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka, faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Kurikulum Merdeka, karakter religius yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dan dampak dari penggunaan Kurikulum Merdeka terhadap karakter religius peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis, menggunakan teknik pengumpulan data obervasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi Kurikulum Merdeka menunjukkan bahwa dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 235 Lengkong Kecil Bandung telah dilaksanakan dengan optimal dan lancar. Adapun faktor pendukung dalam implementasi Kurikulum Merdeka adalah adanya fasilitas sarana dan prasarana yang dapat mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka, sedangkan untuk faktor penghambat yaitu masih adanya guru yang belum paham mengenai platform yang telah disediakan oleh pemerintah. Selanjutnya dampak dari penggunaan Kurikulum Merdeka sangat berpengaruh terhadap karakter peserta didik terutama pada karakter religius sebab, sekolah melaksanakan suatu pembiasaan yang dapat meningkatkan karakter religius pada peserta didik.

Abstract. Kurikulum Merdeka is solution in recovering learning caused by the Covid-19 pandemic. With the transition of the curriculum, it is hoped that it will be able to re-sharpen the interests and talents of students by focusing on developing essential materials, character and competencies. Sekolah Penggerak is the government’s effort to transform schools, in developing holistic student learning outcomes that include literacy and numeracy as well as character. The purposes of this study was to determine the implementation of Kurikulum Merdeka, the supporting and inhibiting factors in implementing the Kurikulum Merdeka, the religious character in accordance with the Pancasila Student Profile, and the impact of using the Kurikulum Merdeka in increasing the religious character of students. In this study a qualitative approach with descriptive analytical methods, using data collection techniques of observation, interviews and documentation. The result of the research findings indicate that the implementation of the Kurikulum Merdeka shows that the implementation of the Kurikulum Merdeka at SDN 235 Lengkong Kecil Bandung has been carried out optimally and smoothly. The supporting factor is that the implementation of the Kurikulum Merdeka are the existence of facilities and infrastructure that can support the implementation of the Kurikulum Merdeka, while the inhibiting factor is that there are still teachers who are not very familiar with the platform provided by the government. And then the impact of using the Kurikulum Merdeka is very influential on the character of students, especially on religious character because, schools carry out a habituation that can increase the religious character of students.

References

1. Pratiwi. Dinamika Learning Loss: Guru dan Orang Tua. Jurnal EDUKASI NONFORMAL. 2021;1(1):147–53.
2. Wiwin A, M. Subandowo, Hari K, Wawan G. Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. In Malang: Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang; 2021 [cited 2023 Jul 28]. p. 1–18. Available from: https://www.researchgate.net/profile/Wawan-Gunawan-6/publication/353899477_Learning_Loss_dalam_Pembelajaran_Daring_di_masa_Pandemi_Corona/links/611724f50c2bfa282a4214e2/Learning-Loss-dalam-Pembelajaran-Daring-di-masa-Pandemi-Corona.pdf
3. Miftahul J. Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 2019;4(1):77.
4. Evi H. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. In: Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar.” 2020. p. 68–74.
5. Kemdikbud. Sistem Informasi Kurikulum Nasional Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. 2022. Kurikulum Merdeka. Available from: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
6. Annisa RHH, Aufa, Khairunnisa L, Arobiya Siregar W, Adha H. Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo. Vol. 4.
7. Susanti S, Tracey YH, Pia A, Rizky SM, Ardanti A, Indriyati H. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. In 2021.
8. Soedarto Harjono H. Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 2019;8:1–7.
9. Jojor A, Sihotang H. Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2022;4(4):5150–61.
10. Kemendikbud. Platform Merdeka Belajar. 2022;
11. Kahfi A. Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar [Internet]. 2022;5(2):138–51. Available from: https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402
12. Jamaluddin MM. Kementerian Agama RI. 2021 [cited 2023 Jul 27]. Keutamaan Membaca Al-Qur’an. Available from: https://kemenag.go.id/islam/keutamaan-membaca-al-qur039an-m1p42z
Published
2023-08-07