Korelasi antara Durasi Bermain Game Online dengan Karakter Sopan Santun Berkomunikasi Remaja di Desa Gunungmanik Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang
Abstract
Abstract. This research was conducted to obtain data regarding the correlation between the duration of playing online games and the character of politeness in communicating adolescents in Gunungmanik Village, Tanjungsari District, Sumedang Regency. This study aims to determine the duration of playing online games and to determine the manners of communication manners of adolescents in Gunungmanik Village, Tanjungsari District, Sumedang Regency. The approach used in this study is a type of quantitative approach using descriptive methods. In this study the population consisted of adolescents aged 15-19 years in Gunungmanik Village, Tanjungsari District, Sumedang Regency, with a total population of 30 adolescents and a sample of 30 adolescents. Data analysis techniques used are descriptive statistical analysis, correlation analysis and analysis of hypothesis testing by collecting data using questionnaires or questionnaires, and documentation. The results showed that there were high qualifications for the duration of playing online games for adolescents marked by an average score (mean) of 2.4 which was located in the interval 2.1-2.5, and relatively high qualifications for the character of good manners to communicate among adolescents marked by the average score (mean) is 23.76% which lies in the interval 23-24, and there is a significant even very high correlation or relationship between the duration of playing online games and the polite character of teenagers in Gunungmanik Village, Tanjungsari District, Sumedang Regency.
Keywords: Correlation, Adolescents, Duration of Playing Online Games, Communicating Polite Characters
Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data mengenai korelasi antara durasi bermain game online dengan karakter sopan santun berkomunikasi remaja di Desa Gunungmanik Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui durasi bermain game online dan untuk mengetahui karakter sopan santun berkomunikasi remaja di Desa Gunungmanik Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pada penelitian ini populasi terdiri dari remaja usia 15- 19 tahun di Desa Gunungmanik Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang, dengan jumlah populasi sebanyak 30 remaja dan sampel yang digunakan sebanyak 30 remaja. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, analisis korelasi dan analisis uji hipotesis dengan pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuisioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat kualifikasi yang tinggi pada durasi bermain game online remaja ditandai dengan skor rata-rata (mean) 2, 4 yang terletak pada interval 2, 1- 2, 5, dan kualifikasi yang cukup tinggi pada karakter sopan santun berkomunikasi remaja ditandai dengan skor rata-rata (mean) 23,76% yang terletak pada interval 23- 24, serta terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan bahkan sangat tinggi antara durasi bermain game online dengan karakter sopan santun remaja di Desa Gunungmanik Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang.
Kata kunci : Korelasi, Remaja, Durasi Bermain Game online, Karakter Sopan Santun Berkomunikasi
References
[2] Kementrian Agama. 2022a. Al-Qur’anul Karim. First. Edited By Kementrian Agama. Jakarta Timur.
[3] Kementrian Agama. 2022b. Tafsir Kemenag.
[4] Lebho, Maria Agustina, M. Dinah Ch. Lerik, R. Pasifikus Christa Wijaya, And Serlie K. A. Littik. 2020. “Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau Dari Kesepian Dan Kebutuhan Berafiliasi Pada Remaja.” Journal Of Health And Behavioral Science 2(3):202–12. Doi: 10.35508/Jhbs.V2i3.2232.
[5] Mariana, Dewi. 2020. “Fenomena Game Online Di Kalangan Anak Sekolah Dasar.” 3(2):99–104.
[6] Misbakhul Khoir, Lc. M. A. 2019. “Implementasi Akhlak Nabi Muhammad Saw Dalam Berbisnis.”
[7] Novrialdy, Eryzal. 2019. “Kecanduan Game Online Pada Remaja: Dampak Dan Pencegahannya.” Buletin Psikologi 27(2):148. Doi: 10.22146/Buletinpsikologi.47402.
[8] Qodry. 2003. Pendidikan [Agama] Untuk Membangun Etika Sosial.