IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI PUASA SUNNAH DI SDIT FITRAH INSANI 2 KABUPATEN BANDUNG
Abstract
Abstract. This study aims to find out how to plan, implement and evaluate the implementation of the Quantum Teaching learning model in Islamic Religious Education subjects at SDIT Fitrah Insani 2. The background to this research is the rise of students who do not understand Islamic Religious Education learning which is of course very necessary for students . Coupled with that there are still many students who have not carried out sunnah worship activities, such as sunnah fasting for example. The Quantum Teaching learning model for sunnah fasting material, according to the informant, the school chose to use the Quantum Teaching learning model for this sunnah fasting material because this learning model is suitable for students, so that students feel how to carry out sunnah fasting and also so that students get used to it later. in the form of informant data sources as well as secondary data sources, using observation techniques, interviews and documentation. The method used in this study uses descriptive research methods using a qualitative approach. The research results obtained in the study, namely the implementation of the Quantum Teaching learning model has gone well according to the steps of the Quantum Teaching learning method itself or commonly referred to as the Tandur method, teachers at SDIT Fitrah Insani 2 Bandung Regency apply the Tandur method sequentially starting from grow, experience, name, demonstrate, repeat and celebrate. Then to evaluate sunnah fasting learning, teachers at SDIT Fitrah Insani 2 Bandung Regency innovate giving rewards so that students can be more motivated in participating in sunnah fasting activities.
Keywords: Quantum Teaching Methode, Sunnah Fasting, Islamic Education
Abstrak. Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui bagaimana perencanan, pelaksanaan dan evaluasi dari Implementasi model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Fitrah Insani 2. Yang melatar belakangi penelitan ini adalah maraknya siswa yang belum memahami pembelajaran Pendidikan Agama islam yang tentunya sangat diperlukan bagi siswa. Ditambah lagi dengan masih banyak siswa yang belum melaksanakan kegiatan ibadah sunnah, seperti puasa sunnah misalnya. Model pembelajaran Quantum Teaching pada materi puasa sunnah, menurut narasumber pihak sekolah memilih menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi puasa sunnah ini karena model pembelajaran ini cocok diterapkan kepada siswa, agar siswa merasakan bagaimana melaksanakan puasa sunnah dan juga agar siswa terbiasa nantinya Sumber data yang diperoleh berupa sumber data informan dan juga sumber data sekunder, menggunakan teknik obervasi, wawancara serta dokumentasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang di dapatkan pada penelitian, yaitu peng-implementasian model pembelajaran Quantum Teaching telah berjalan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah metode pembelajaran Quantum Teaching itu sendiri atau biasa disebut dengan metode Tandur, guru di SDIT Fitrah Insani 2 Kabupaten Bandung menerapkan metode Tandur secara berurutan dimulai dari tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi dan rayakan. Lalu untuk pengevaluasian pembelajaran puasa sunnah ini guru di SDIT Fitrah Insani 2 Kabupaten Bandung menginovasikan pemberian reward agar siswa dapat lebih termotivasi dalam mengikuti kegiatan puasa sunnah.
Kata Kunci: Metode Quantum Teaching, Puasa sunnah, Pendidikan Agama Islam
References
[2] Baihaqi, H. (2018). Kasus penikaman murid SD, Bupati Garut : Sekolah harus perbaiki akhlak muridnya. Tribun Jabar.
[3] Tatang Hidayat, & Makhmud Syafe’i. (2018). Peran Guru dalam mewujudkan Tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Rayah Al-Islam, 2, 101–111.
[4] Fidya Arie Pratama. (2018). Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching melalui strategi Tandur untuk meningkatkan kompetensi kognisi siswa. Jurnal Ilial EDUKASI, 6.