PENGELOLAAN BACA TULIS AL-QUR’AN OLEH GURU PAI DENGAN METODE YANBU’A DI KELAS VIII SMP ASSALAAM KOTA BANDUNG

  • Rifdah Putri Ramadhani Elin Sumarlin Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi Suhardini
  • Fitroh Hayati
Keywords: pengelolaan, Guru PAI, Metode Yanbu'a

Abstract

The learning difficulties experienced by students at school are often unavoidable, even though students experience learning difficulties at different levels. so, a teacher must design as well as possible in learning activities so that the learning process of students achieves goals well. Therefore researchers are interested in knowing the management of btaq using the yanbu'a method in improving the abilities of Assaalam Middle School students on BTAQ The aims of the research to: 1) find  Yanbu'a learning method plans are for class VIII of Assalam Middle School, Bandung; 2) Knowing the learning steps of the Yanbu'a method in class VIII of Assalam Middle School, Bandung City; 3) Knowing the evaluation through learning the Yanbu'a method in class VIII of SMP Assalaam Bandung City. This study uses a qualitative descriptive method with primary data sources and secondary data sources. The research instruments used are interviews, observation and documentation studies. The results of this study are: 1) Planning the Yanbu'a learning method in class VIII SMP Assalaam Bandung City by grouping students in the learning process, increasing learning hours outside of school hours and using effective media and learning methods so that there is development in BTAQ. 2) The learning steps of the Yanbu'a method carried out by the teacher in class VIII of SMP Assalaam Bandung City refer to the Yanbu'a guidebook with 7 books/vols for each level of learning outcomes and there are several steps, namely planning, preparation, implementation and evaluation. 3) Evaluation learning the Yanbu'a method in class VIII SMP Assalaam Bandung City uses two methods, namely the test method (oral test) and the non-test method (how to read and write the Al-Qur'an) to make students become fast in mastering Al-Qur'an Reading Qur'an  properly.

Kesulitan belajar yang dialami siswa di sekolah seringkali tidak dapat dihindari, meskipun siswa mengalami kesulitan belajar dalam tingkat yang berbeda-beda. Maka, seorang guru harus merancang sebaik mungkin dalam kegiatan pembelajaran agar proses pembelajaran siswa mencapai tujuan dengan baik.oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui pengelolaan BTAQ menggunakan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan siswa SMP Assaalam pada BTAQ Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) Mengetahui perencanaan metode pembelajaran Yanbu’a di kelas VIII SMP Assalaam Kota Bandung; 2) Mengetahui langkah pembelajaran metode Yanbu’a di kelas VIII SMP Assalaam Kota Bandung; 3) Mengetahui evaluasi melalui pembelajaran metode Yanbu’a di kelas VIII SMP Assalaam Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan metode pembelajaran Yanbu’a di kelas VIII SMP Assalaam Kota Bandung dengan mengelompokkan peserta didik dalam proses pembelajaran, menambah jam pembelajaran diluar jam sekolah dan menggunakan media dan metode pembelajaran yang efektif sehingga terdapat perkembangan dalam pembelajaran BTAQ. 2) Langkah pembelajaran metode Yanbu’a yang dilakukan guru pada kelas VIII SMP Assalaam Kota Bandung merujuk pada buku panduan Yanbu’a dengan 7 buku/jilid untuk setiap tingkatan capaian pembelajaran dan terdapat beberapa langkah-langkah yaitu perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. 3) Evaluasi pembelajaran metode Yanbu’a di kelas VIII SMP Assalaam Kota Bandung menggunakan dua metode yaitu metode tes (tes lisan) dan metode nontes (cara membaca tulis Al-Qur’an) untuk membuat siswa menjadi cepat dalam menguasai Baca Tulis Al-Qur’an dengan baik.

References

Kawakib A. Hassan langgulung, Pendidikan Islam menghadapi abad 21 (Jakarta; al Husna, 1988), 57-65. 1988;21(1):57–65.
2. Ariadita LMDW. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Sma Negeri 2 Palopo. 2019; Available from: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1386/1/LAODE M. DIDIT W.A.pdf
3. Nur Tajuddin M. Manajemen TK/TPA Masjid Jami Nurul Ilham Kassi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Qur’an Pada Santri Dan Santriwati Di Kelurahan Tamangapa Kecamatan Manggala Kota Makassar.
4. Rama joni. Strategi guru agama desa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-quran warga desa. J Educ Instr. 2020;03(01):1689–99.
5. Yasyakur M. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islam J Pendidik Islam [Internet]. 2017;5.09(2):1185–230.Available from: http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/86
Published
2023-08-07