IMPLEMENTASI PROGRAM TAHSIN DENGAN METODE AMAZING IQRO’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KELAS 2 A&B DI SD DARUL HIKAM BANDUNG

  • rosinta aa Pendidikan Agama Islam/Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Eko Surbiantoro Pendidikan Agama Islam/Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Keywords: Program Tahsin, Metode Amazing Iqro’, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an

Abstract

ABSTRACT

            The purpose of this study was to determine the implementation of the tahsin program using the amazing iqro method in improving the ability to read the Koran for class 2 A&B at SD Darul Hikam Bandung which includes planning, implementation, evaluation, supporting and inhibiting factors. This research is motivated by the large number of school-age children who cannot read the Al-Qur'an. Some of them do not yet have a basis in reading the Qur'an, that is, they cannot pronounce the makharijul letters correctly and do not read the Qur'an with the tajwid rules, so researchers are interested in researching it. The method used in this research is descriptive method using a qualitative approach. Data collection techniques were carried out through observation techniques, interviews, and documentation studies. The data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are that the amazing iqro' method is a very appropriate method to be applied in improving learning to read the Koran, especially in grade 2, because the amazing iqro' method is very interesting in learning by singing and using applications that are specially set so that it makes it very easy for participants students to understand the learning of the Qur'an. In achieving these qualifications of course requires systematic steps, from the continuity of this it is in line with what the researchers described in CHAPTER II that the use of the amazing iqro' method in learning the Qur'an is an appropriate method in improving students' reading skills. Based on this research, it can be concluded that the program designed by SD Darul Hikam Bandung in improving the ability to read the Koran using the amazing iqro method has run smoothly according to the desired target. This can be seen from the ideas used which are aligned with existing theories, so that the programs designed by the school can be implemented properly and in accordance with the objectives.

Keywords: Tahsin Program, Amazing Iqro' Method, Learning to Read Al-Qur'an

 ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program tahsin dengan metode amazing iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas 2 A&B di SD Darul Hikam Bandung yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak usia sekolah yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Sebagian dari mereka belum mempunyai dasar dalam membaca Al-Qur’an, yaitu belum bisa melafalkan makharijul huruf dengan benar dan membaca Al-Qur’an belum dengan kaidah-kaidah tajwidnya, sehingga peneliti tertarik untuk menelitinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah metode amazing iqro’ ini metode yang sangat tepat diterapkan dalam peningkatan pembelajaran membaca Al-Qur’an terkhusus dikelas 2, karena metode amazing iqro’ yang sangat menarik dalam pembelajarannya dengan cara bernyanyi dan menggunakan aplikasi yang disetting khusus sehingga sangat memudahkan peserta didik untuk memahami pembelajaran Al-Qur’an. Dalam mencapai kualifikasi tersebut tentunya membutuhkan langkah-langkah yang sistematis, dari kesinambungan hal tersebut selaras dengan apa yang peneliti uraikan pada BAB II bahwa penggunaan metode amazing iqro’ dalam pembelajaran Al-Qur’an adalah metode yang sesuai dalam peningkatan kemampuan membaca peserta didik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasannya program yang telah dirancang oleh SD Darul Hikam Bandung dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode amazing iqro’ ini telah berjalan dengan lancar sesuai target yang diinginkan. Hal tersebut dapat dilihat dari gagasan yang digunakan sudah selaras dengan teori yang ada, sehingga program yang telah dirancang oleh sekolah dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan tujuan.

Kata Kunci : Program Tahsin, Metode Amazing Iqro’, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an

References

Daftar Pustaka
[1] Agus Salim Syukran, A. S. S. (2019). Fungsi Al-Qur’an bagi Manusia. Al-I’jaz : Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman, 1(2), 90–108.
[2] Al Muiz, M. N., & Umatin, C. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri Melalui Metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath Kediri. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 78–86.
[3] Albab, U. (2021). Vol. 5 No. 1 (2021). Perencanaan Pendidikan Dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam, 5(1), 119–126.
[4] Rizky, I., Lubis, K., Harahap, H. S., Al, U., Medan, W., Tahsin, P., & Membaca, B. (2022). Pelaksanaan Program Tahsin Dalam Meningkatkan. 1, 53–62.
Published
2023-08-07