Implementasi Program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam Membangun Karakter Religius Pada Siswa Kelas VI SDIT Ibnu Khaldun

  • Hudza Dzunnun Al Quran Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
Keywords: Keywords: Implementation, Bina Pribadi Islami (BPI), Religious character, Students, Impelentasi, Bina Pribadi Islami (BPI), Karakter religius, Sisw

Abstract

Abstract. This research aims to gather data related to the implementation of the Islamic Private Building Program (BPI) in building religious character in students of class VI at SDIT Ibnu Khaldun Lembang. Qualitative approach with descriptive analysis methods to dig up information and understand the phenomena being studied, whose focus is the planning, implementation, and evaluation of the BPI program that can affect the formation of religious character in class VI students. Data analysis techniques used include data reduction, data presentation, and drawing conclusions. In addition, the data collection methods used include observations, interviews, and documentation. Research results show that the implementation of the Islamic Private Building (BPI) program begins with the planning phase that is part of the Integrated Islamic School Network (JSIT), which aims to build student morals and guide them in good behavior. Furthermore, in its implementation at SDIT Ibnu Khaldun, the BPI program has been in accordance with the steps that have been designed by JSIT and included in the BPI guidebook. The final stage is the evaluation, which is carried out at SDIT Ibnu Khaldun through written assessment and evaluation of student attitudes. In its conclusion, this study shows the existence of a relationship between the Islamic Personal Building (BPI) program and the formation of religious character because, through this program, students are instilled with Islamic values, values about worship, and good morals. Thus, this research has important relevance in the context of education and the development of religious character in students.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data terkait implementasi Program Bina Pribadi Islami (BPI) dalam membangun karakter religius pada siswa kelas VI di SDIT Ibnu Khaldun Lembang. Tujuan penelitian ini meliputi analisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program BPI yang dilakukan di sekolah tersebut. pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif untuk menggali informasi dan memahami fenomena yang sedang diteliti, yang fokusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program BPI yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter religius pada siswa kelas VI. teknik analisis data yang digunakan mencakup pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu, metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Bina Pribadi Islami (BPI) dimulai dengan tahap perencanaan yang merupakan bagian dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), yang bertujuan untuk membina akhlak siswa dan mengarahkan mereka dalam berperilaku baik. Selanjutnya, dalam pelaksanaannya di SDIT Ibnu Khaldun, program BPI telah sesuai dengan langkah-langkah yang telah dirancang oleh JSIT dan tertuang dalam buku panduan BPI. Tahap terakhir adalah evaluasi, yang dilakukan di SDIT Ibnu Khaldun melalui penilaian tertulis dan penilaian sikap siswa.Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara program Bina Pribadi Islami (BPI) dengan pembentukan karakter religius, karena melalui program ini siswa ditanamkan nilai-nilai keIslaman, nilai-nilai tentang ibadah, dan akhlak yang baik. Dengan demikian, penelitian ini memiliki relevansi penting dalam konteks pendidikan dan pengembangan karakter religius pada siswa.

References

Daftar Pustaka
[1] Ahsanulkhaq, M. (2019, Juni). Membentuk Karakter Religius Pesesrta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Pedagogia, 2(1), 21-33.
[2] Arsanti. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Dan Bermuatan Nilai -Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. Jurnal Kredo.
[3] Aulawi, W. (2019). Efektivitas Program Bina Pribadi Islami Dalam Membentuk Karakter Siswa di SMP Islam Terpadu Al-Qudwah Kabupaten Musi Rawas.
[4] Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Kuningan: Hidayatul Quran.
[5] Miranda, A. (2021). Implementasi Budaya Sekolah Dalam Membangun Karakter Religius Peserta Didik di SMAN 1 Seunagan Nagan Raya Aceh.
[6] Nuraeni, I., & Labudasari, E. (2021). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa di SD IT Noor Hidayah. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1).
[7] Prayogo. (t.thn.). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas VIII SMPIT Bina Insani Metro Utara Tahaun Pelajaran 2019/2020.
[8] Purwanto, A. (2022). Pengembangan Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(1), 335-342.
[9] Sholihah, A. M. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 49-58.
Published
2023-08-14