IMPLEMENTASI PROGRAM LIMA PILAR KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK NEGERI 7 KOTA BANDUNG
Abstract
Abstract Education today cannot fully meet people's expectations. This phenomenon is characterized by the damaged moral or moral condition of the younger generation. The lack or loss of religious character of students will certainly make the educational process will not run optimally. This study aims to shape the religious character of students by implementing the five pillars of religion program. The research method chosen to use descriptive qualitative methods is to analyze data that has been collected from interviews, observations and documentation at related institutions that are used as research sites. Character building has been designed in the school's vision and mission in implementing the Five Pillars of Religion program. This program is one of the efforts to achieve students with character, good ethics and civil character. The implementation of this five-pillar religious program is the main thing in itself in character building and growing and sharpening the mentality of students to better animate Islamic values. Separate evaluations have certain indicators, such as increasing students' understanding of religious values, increasing student participation in religious activities, increasing awareness of students' religious matters and changes in students' religious character. Supporting factors for this five-pillar religious program include quality human resources, facilities and infrastructure as well as the environment that supports this five-pillar religious program. Factors that hinder this five-pillar religious program are from the environment outside the school, social media, family background, and the personality of the students themselves.the efforts made are reminding, reprimanding, advising, cooperating with parents, and giving punishment to students who violate. Planning the Five Pillars of Religion Program at SMK Negeri 7 Bandung City is the most important aspect in implementation. Seeing that this five-pillar religious program is a habit that has become a culture that has a positive impact on the character of students, this program is very well maintained and maintained.
Keywords: Religious Character, Religious Five Pillars Program, Qualitative Method
Abstrak Pendidikan saat ini tidak sepenuhnya dapat memenuhi harapan masyarakat. Fenomena itu ditandai dari kondisi moral atau akhlak generasi muda yang rusak. Kurangnya atau hilangnya karakter religius peserta didik tentu saja akan menjadikan proses pendidikan tidak akan berjalan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk karakter religius siswa dengan pengimplementasian program lima pilar keagamaan. Metode penelitian yang dipilih yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif adalah dengan menganalis data yang telah dikumpulkan dari wawancara, observasi dan dokumentasi pada lembaga terkait yang dijadikan tempat penelitian. Pembentukan karakter telah dirancang dalam visi misi sekolah dalam penerapan program lima pilar keagamaan. Program ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai peserta didik yang berkarakter, berbudi pekerti yang baik dan madani. Pelaksanaan program lima pilar keagamaan ini menjadi hal pokok sendiri dalam pembentukan karakter dan menumbuhkan serta mengasah mental peserta didik untuk lebih menjiwai nilai-nilai islam. Evaluasi tersendiri memiliki indikator-indikator tertentu, seperti peningkatan pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai keagamaan, peningkatan partisipasi peserta didik dalam kegiatan-kegiatan keagamaan, peningkatan kesadaran akan hal keagamaan peserta didik dan perubahan karakter religius peserta didik. Faktor pendukung program lima pilar keagamaan ini diantaranya adalah SDM yang berkualitas, sarana dan prasarana serta lingkungan yang mendukung program lima pilar keagamaan ini. Faktor yang menghambat program lima pilar keagamaan ini adalah dari lingkungan luar sekolah, media sosial, latar belakang keluarga, serta kepribadian peserta didik itu sendiri.upaya yang di lakukan adalah mengingatkan, menegur, menasehatinya, kerjasama dengan orang tua, dan memberikan hukuman kepada peserta didik yang melanggar.Perencanaan Program Lima Pilar Keagamaan di SMK Negeri 7 Kota Bandung merupakan aspek terpenting dalam pengimplementasian. Melihat program lima pilar keagamaan ini sebuah kebiasaan yang telah menjadi budaya yang berdampak positif bagi karakter peserta didik, maka program ini sangat dipertahankan dan dijaga dengan sebaik-baiknya.
Kata kunci: Karakter Religius, Program Lima Pilar Keagamaan, Metode Kualitatif
References
[2] R. Aswidar and S. Z. Saragih, “Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama,” J. Imiah Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 1, p. 134, 2022, doi: 10.23887/jipp.v6i1.43373.
[3] M. Ahsanulkhaq, “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan,” J. Prakarsa Paedagog., vol. 2, no. 1, 2019, doi: 10.24176/jpp.v2i1.4312.
[4] F. A. Lestari, “Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas XI melalui Kegiatan Keagamaan Harian di SMKN 1 Jenangan Ponorogo,” 2020, [Online]. Available: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11244
[5] E. A. Pridayanti, “Urgensi Penguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak Sd,” Innov. Prim. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 40–47, 2022.