FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 40 BANDUNG

  • Nur Husna Hasibuan Pendidikan Agama Islam
Keywords: Keywords: Learning Difficulties, Education, Islamic Religious Education Teacher, Kata kunci: Kesulitan Belajar, Pendidikan, Guru PAI

Abstract

Abstrack. At this time, learning difficulties experienced by students at school are

often unavoidable, although students experience learning difficulties at different

levels. Therefore, a teacher must design as well as possible in learning activities so

that the student learning process achieves its goals well. The purpose of this study is

to identify the factors of student learning difficulties in Islamic religious education

subjects. This research uses descriptive analysis research method with qualitative

approach. The data collection techniques used were field observation sheets

(observations), interviews, questionnaires, and documentation. The results of this

study indicate that learning difficulties in learning are characterized by internal

factors, external factors. From the causes of internal factors and external factors, the

teacher provides efforts to overcome learning difficulties in Islamic Religious

Education subjects in the form of providing repetition of learning material,

providing guidance to students, and approaching students.

Abstrak. Pada saat ini kesulitan belajar yang dialami siswa di sekolah seringkali

tidak dapat dihindari, meskipun siswa mengalami kesulitan belajar dalam tingkat

yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, seorang guru harus merancang sebaik mungkin

dalam kegiatan pembelajaran agar proses pembelajaran siswa mencapai tujuan

dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor

kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini

menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif.

Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembaran observasi lapangan

(pengamatan), wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Hasil penelitian

ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar dalam pembelajaran ditandai adanya

faktor internal, faktor eksternal. Dari penyebab faktor internal dan faktor ekstenal

tersebut guru memberikan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar pada mata

pelajaran Pendidikan gama Islam berupa memberikan pengulangan materi

pembelajaran, memberikan bimbingan pada siswa , serta pendekatan siswa.

References

[1] Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 26.
[2] Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2.
[3] Hidayah A. Dkk. (2022). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Bahar O5 Kota Tangerang. Pendidikan Anak Usia Dini.
[4] Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadapa Minat Dan Prestasi Bellajar Pendidikan Agama Islam. jurnal Kependidikan.
[5] Sary, T. T. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyah 01 Medan. Repository UMSU, 2.
[6] Pusdiklat. (2019, 11 12). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah RI Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Wajib Belajar. Diambil kembali dari Pusdiklat Perpusnas: file:///C:/Users/user/Downloads/2019_11_12- 03_49_06_9ab7e1fa524ba603bc2cdbeb7bff93c3%20(3).pdf
[7] Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-08-14