FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 40 BANDUNG
Abstract
Abstrack. At this time, learning difficulties experienced by students at school are
often unavoidable, although students experience learning difficulties at different
levels. Therefore, a teacher must design as well as possible in learning activities so
that the student learning process achieves its goals well. The purpose of this study is
to identify the factors of student learning difficulties in Islamic religious education
subjects. This research uses descriptive analysis research method with qualitative
approach. The data collection techniques used were field observation sheets
(observations), interviews, questionnaires, and documentation. The results of this
study indicate that learning difficulties in learning are characterized by internal
factors, external factors. From the causes of internal factors and external factors, the
teacher provides efforts to overcome learning difficulties in Islamic Religious
Education subjects in the form of providing repetition of learning material,
providing guidance to students, and approaching students.
Abstrak. Pada saat ini kesulitan belajar yang dialami siswa di sekolah seringkali
tidak dapat dihindari, meskipun siswa mengalami kesulitan belajar dalam tingkat
yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, seorang guru harus merancang sebaik mungkin
dalam kegiatan pembelajaran agar proses pembelajaran siswa mencapai tujuan
dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor
kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembaran observasi lapangan
(pengamatan), wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar dalam pembelajaran ditandai adanya
faktor internal, faktor eksternal. Dari penyebab faktor internal dan faktor ekstenal
tersebut guru memberikan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar pada mata
pelajaran Pendidikan gama Islam berupa memberikan pengulangan materi
pembelajaran, memberikan bimbingan pada siswa , serta pendekatan siswa.
References
[2] Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2.
[3] Hidayah A. Dkk. (2022). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Pondok Bahar O5 Kota Tangerang. Pendidikan Anak Usia Dini.
[4] Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadapa Minat Dan Prestasi Bellajar Pendidikan Agama Islam. jurnal Kependidikan.
[5] Sary, T. T. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyah 01 Medan. Repository UMSU, 2.
[6] Pusdiklat. (2019, 11 12). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah RI Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Wajib Belajar. Diambil kembali dari Pusdiklat Perpusnas: file:///C:/Users/user/Downloads/2019_11_12- 03_49_06_9ab7e1fa524ba603bc2cdbeb7bff93c3%20(3).pdf
[7] Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.