Nilai-Nilai Pendidikan dari Q.S. Al-Ahzab Ayat 21 tentang Keteladanan dari Orangtua dalam Keluarga

  • Siti Ulfaeni Komariyah Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung
Keywords: Keteladanan, Orangtua, Rasulullah SAW

Abstract

Abstrak. Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam, pada Q.S. Al-Ahzab Ayat 21 memberi penegasan bahwa sesungguhnya telah ada suri teladan pada diri Rasulullah SAW. Ayat ini untuk meneladani kepribadian Rasulullah SAW. Kepribadian disini yaitu kepribadian beliau secara totalitasnya adalah teladan atau dalam kepribadian beliau hal-hal yang patut diteladani. Oleh karena itu setiap orang mesti meneladani atau mencontoh kepribadian Rasulullah SAW. Terutama dalam sebuah keluarga keteladanan penting diterapkan oleh orangtua guna mengembangkan kepribadian anak. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui (1). pendapat para mufassir mengenai Q.S. al-Ahzab ayat 21. (2). esensi Q.S. al-Ahzab ayat 21 berdasar pendapat para mufassir. (3) bagaimana pendapat para pakar pendidikan tentang konsep keteladanan dari orangtua dalam keluarga. (4). implikasi Q.S. al-Ahzab ayat 21 tentang keteladanan dari orangtua dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur. Kegiatan penelitian dilakukan dengan cara mengkaji, memahami, menganalisa, serta menginterpretasikannya dari kitab-kitab tafsir, buku-buku, dan ayat-ayat al-Quran yang berhubungan dengan permasalahan yang menunjang dalam penelitian ini. Adapun hasil dari penelitian ini, nilai-nilai pendidikan dari Q.S. al-Ahzab ayat 21 mengenai keteladanan dari orangtua dalam keluarga, sebagai berikut: : menanamkan iman dan takwa kepada Allah di dalam jiwa, senantiasa istiqamah dalam beribadah, menanamkan sikap tawadhu dalam kehidupan sehari-hari, menanamkan sifat dermawan dalam kehidupan sehari-hari, nenebarkan kasih sayang, membiasakan bersabar dalam menghadapi cobaan dan tantangan yang datang dari Allah SWT., membiasakan diri untuk meminta dan memberi maaf kepada oranglain, membiasakan diri untuk selalu jujur, Mempelajari perintah-perintah Allah SWT dengan menuntut ilmu, melaksanakaan amanah sesuai dengan apa yang diberikan.

Abstract. Al-Quran as the holy book of Muslims, in Q.S. Al-Ahzab Verse 21 emphasizes that in fact there has been a role model in the Prophet Muhammad. This verse is to emulate the personality of Rasulullah SAW. The personality here, namely his pe rsonality in totality, is an example or in his personality things that should be emulated. Therefore, everyone must emulate or imitate the personality of the Prophet Muhammad. Especially in a family, it is important to set an example by parents to develop a child's personality. This researcher aims to find out (1). opinion of the mufassir regarding Q.S. al-Ahzab verse 21. (2). the essence of Q.S. al-Ahzab verse 21 based on the opinion of the mufassir. (3) what are the opinions of educational experts about the exemplary concept of parents in the family. (4). implication of Q.S. al-Ahzab verse 21 about the example of parents in the family. This study uses a qualitative research approach with data collection techniques in the form of literature studies. Research activities are carried out by studying, understanding, analyzing, and interpreting from the books of interpretation, books, and verses of the Koran that relate to the problems that support this research. As for the results of this study, the educational values of Q.S. al-Ahzab verse 21 regarding the example of parents in the family, as follows:: instill faith and piety to Allah in the soul, always istiqamah in worship, instill humility in everyday life, instill generosity in everyday life, spread compassion, getting used to being patient in facing trials and challenges that come from Allah SWT, getting used to asking and giving forgiveness to others, getting used to always being honest, learning the commands of Allah SWT by studying knowledge, carrying out the mandate according to what is given.

References

Abdul Aziz Ajhari, D. (2019). Jalan Menggapai Ridho Ilahi. Bandung: Bahasa dan Sastra Arab.
Awwam, Q. (2017). Fiqih Wanita. Jakarta: Cerdas Interaktif.
Dradjat, Z. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hikmatullah. (2020). Kepribadian dan Keteladanan Orangtua terhadap Anak Millenial dalam Keluarga Islam. Jurnal Hukum Perdata Islam, 21, 231–266.
Jamil, A. (2019). Anak 9 Tahun di Lhokseumawe Dipaksa Mengemis untuk Beli Sabu Ibunya. INewsAceh.Id.https://aceh.inews.id/berita/anak-9-tahun-di-lhokseumawe-dipaksa-mengemis-untuk-beli-sabu-ibunya, (akses 25 Maret 2020).
Jarbi, M. (2021). Tanggungjawab Orangtua terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendais, 3, 122–140.
Mahmud, Heri Gunawan, D. Y. Y. (2013). Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademia Permata.
Muhammad Rifai Abd. Rasyid, Ahmad Asse, dan A. S. B. P. (2022b). Keteladanan Orangtua dalam Pembentukan Kepribadian Anak berdasarkan Q.S. Al-Ahzab 21 (Suatu Tinjauan Pendidikan Islam). Al-Tawjih: Jurnal Pendidikan Islam, 3.
Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6, 1–10.
Ramadani, R. (2020). Pengaruh Keteladanan Orangtua terhadap Akhlak Siswa Di SMP Negeri 1 Tanete Riaja kabupaten Barru. Skripsi, 73.
Rizal Fadli. (2019). Perilaku Si Kecil Adalah Cerminan Orang Tua, Mitos atau Fakta? Halodoc,Com.https://www.halodoc.com/artikel/perilaku-si-kecil-adalah-cerminan-orang-tua-mitos-atau-fakta, (akses 25 Maret 2020).
Rusmida. (2019). Pembentukan Kepribadian Anak melalui Keteladanan orangtua Di Lingkungan Keluarga menurut Abdullah Nashis Ulwan. Skripsi. 79
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Medan: KBM Indonesia.
Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga (Revitalitasi Peran Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak menurut Perspektif Islam). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Tafiati, Maksum, K. dan N. W. (2022). Nabi Muhammad SAW. sebagai Pendidik: Studi Tematis Hadis Perspektif Morfosemantik dan Didaktik. Studi Ilmu Hadis, 6, 74–94.
Tafsir, Ahmad. (2002). Pendidikan Agama dalam Keluarga. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Ulwan, A. N. (2016). Pendidikan Anak dalam Islam. Jawa Barat: PT. Fathah Prima Media.
Usmani, M. (2019). Hakikat Manusia dan Pendidikan: Perspektif Abad XXI. Yogyakarta: Media Akademi.
Zamakhsyari Hasballah, H. H. T. (2012). Pendidikan dan Pengasuhan Anak menurut Al-Qur ’ an dan Sunnah. Medan: Perdana Publishing.
Published
2023-08-07