Strategi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Tartil Kepada Santri Di MDTA Qurrota A’yun Kota Bandung

  • Susi Amelia Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Abstract

Abstrak : Strategi yang digunakan guru sangatlah penting untuk membantu santri dalam mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Berdasarkan hasil observasi di MDTA Qurrota A’yun masih banyak santri yang belum mampu dalam membaca Al-Qur’an, tajwid dan makharijul hurufnya pun
masih sangat kurang dalam pelafalannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan para asatidzah dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an melalui metode tartil, untuk mengetahui pelaksanaan para asatidzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode
tartil, untuk mengetahui evaluasi para asatidzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode tartil serta untuk mengetahui
faktor pendukung dan penghambat strategi para asatidzah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode tartil. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa santri yang pada awalnya tidak menguasai cara membaca AlQur’an dengan baik dan benar, ketika diberikan metode tartil bacaan santri mulai meningkat dan dalam pelafalannya pun mulai terdengar tajwid dan makharijul hurufnya.
Kata Kunci : Strategi guru, Al-Qur’an, Metode Tartil.

Abstract : The strategy used by the teacher is very important to help students learn how to read the Qur'an properly and correctly. Based on the results of
observations at MDTA Qurrota A'yun there are still many students who are not yet able to read the Qur'an, the tajwid and makharijul letters are still very lacking
in their pronunciation. The purpose of this study is to determine the planning of asatidzah in improving Al-Qur'an reading skills through the tartil method, to find
out the implementation of asatidzah in improving Al-Qur'an reading skills through the tartil method, to determine the evaluation of asatidzah in improving
Al-Qur'an reading skills -Qur'an -Qur'an through the tartil method and to find out the supporting and inhibiting factors of the asatidzah's strategy in improving the ability to read the Qur'an through the tartil method. The type of research used is qualitative research with a case study approach. Data collection techniques in this study are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The results of the study showed that students who initially did not master how to read the Qur'an properly and correctly, when given the tartil reading method the students began to increase and in their pronunciation they began to hear the tajwid and makharijul letters.
Keywords: Teacher's strategy, Al-Qur'an, Tartil Method.

References

[1] R. Ratnasari, Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Sesuai
Hukum Tajwis Siwa di SMPN 16 Kota Bengkulu. 2020.
[2] F. AVILA, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Kompetensi
Membaca Al-Qur’an Siswa Di Smp Muhammadiyah 4 Medan,” 2022, [Online].Available:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18122%0Ahttp://repository.umsu.ac.id/bi
tstream/handle/123456789/18122/SKRIPSI Fanny avila.pdf?sequence=1
[3] Mia, “Penerapan Metode Tartil Dalam Kemampuan Baca Al-Qur’an Di Taman
Pendidikan Qur’an (TPQ) An-Nur Kota Bengkulu,” pp. 1–74, 2018.
[4] R. Ananda, Dr. Rusydi Ananda, M.Pd. 2019.
[5] Suradi, “Pelaksanaan Program Keterampilan Berbahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah
Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang,” Repos. UIN Raden Fatah, pp. 22–61,
2018.
[6] F. Rasam, A. I. C. Sari, and E. Karlina, “Peran Kompetensi Dalam Meningkatkan Kinerja
Guru Di Sma Jakarta Selatan,” Res. Dev. J. Educ., vol. 6, no. 1, p. 41, 2019, doi:
10.30998/rdje.v6i1.4371.
Published
2023-08-14