Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kedisiplinan Perserta Didik Di Smk Al Falah Bandung
Abstract
ABSTRACT-This research discusses shaping student discipline in learning through exemplary teachers, factors that become obstacles in improving student discipline, efforts made in overcoming obstacles in improving student discipline at SMK Al Falah Bandung. In writing this thesis, the author uses the field research method, namely the researcher goes directly to the research location to obtain concrete data that has to do with the problem to be discussed. The method used is descriptive qualitative analysis, which is the source of interviews, observations and documentation, in order to obtain a conclusion that is truly accurate and can be accounted for. From this learning, students can take messages and impressions of how to maintain a good disciplinary character for themselves in the future based on Islam to be continued in everyday life. This good pattern of life will be useful until they are old so it is very necessary to pay special attention to improving a better personality such as by means of mu'asabah self. Student character building at SMK Al Falah Bandung is adjusted to the specified curriculum character learning. School efforts in shaping student character begin with setting the goals to be achieved, which are in accordance with the vision of the institution, namely making and realizing students who have faith and noble character, as well as scholarship with the Qur'an.
ABSTRAK-Penelitian ini membahas tentang membentuk kedisiplinan siswa dalam belajar melalui keteladanan guru, faktor yang menjadi kendala dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, usaha yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Al Falah Bandung. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field research), yakni peneliti langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data yang konkrit yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dibahas. Metode digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu sumber dari wawancara, observasi dan dokumentasi, guna memperoleh sesuatu kesimpulan yang betul-betul akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Dari pembelajaran tersebut maka peserta didik dapat mengambil pesan dan kesan bagaimana menjaga karakter disiplin yang baik untuk diri sendiri kedepannya dengan berasaskan agama Islam untuk dilanjutkan dalam kehidupan sehari-hari. Pola kehidupan yang baik tersebut akan berguna sampai mereka tua jadi sangat perlu perhatian khusus untuk memperbaiki kepribadian yang lebih baik lagi seperti dengan cara mu’asabah diri. Pembentukan karakter siswa di SMK Al Falah Bandung disesuaikan dengan pembelajaran karakter kurikulum yang ditentukan. Usaha sekolah dalam membentuk karakter siswa diawali dengan menetapkan tujuan yang ingin dicapai, yakni sesuai dengan visi lembaga, yakni menjadikan dan mewujudkan siswa yang beriman dan berakhlak mulia, serta cendekia dengan Al-Qur‟an.
References
[2] Sururi, H. I. (2018). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBIASAAN IBADAH (Studi Multisitus di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bandung dan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pakel dan Tahun 2017/2018). UIN Satu Tulungagung.
[3] Amazi, M. A. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Religiusitas Siswa Di SMK Pelayaran Nusantara Batang. IAIN Pekalongan.