Implementasi Program Pekan Cinta Al-Qur'an untuk Peningkatan Tahfidz Al-Qur'an di SMK Bina Insan Mulia Bnadung

  • Ellen Septa Lestari Pendidikan Agama Islam, Faktultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
Keywords: kata kunci

Abstract

Pendidikan Islam adalah pendidikan yang berlandaskan Islam, yang di dalamnya terkandung ajaran-ajaran tentang kehidupan manusia, dan ajaran-ajaran tersebut bersumber pada Al-Qur'an dan tuhan-tuhan. Dalam pendidikan Islam, Alquran adalah hal utama yang harus dipelajari dan dipahami oleh setiap Muslim. Karena Al-Qur'an merupakan landasan dan pedoman bagi kehidupan umat Islam sehari-hari, maka seluruh aspek kehidupan manusia tercakup dalam Al-Qur'an. Untuk itu, salah satu bentuk pembelajaran dalam pendidikan Islam adalah pembelajaran Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program pekan cinta Al-Quran bagi siswa SMK Bina Insan Mulia Bandung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kurikulum waka, guru tahfidz, dan siswa. Objek penelitian ini adalah bagaimana implementasi program pekan cinta Al-Quran bagi siswa SMK Bina Insan Mulia Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model tiga langkah Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, visualisasi data, dan penarikan kesimpulan.  Berdasarkan pembahasan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Program Pekan Cinta Al-Qur’an membantu siswa menjadi lebih dekat dengan Al-Qur’an. Selain itu, membantu siswa memenuhi target hafalan yang sudah ditetapkan sekolah. Program ini bukan hanya kegiatan tunggal yang dapat dilakukan dalam waktu singkat, melainkan kegiatan yang berkesinambungan di mana banyak orang terlibat dalam perancangan dan sintesa kegiatan yang akan dilakukan bersama. Tujuan dari program Pekan Cinta Al-Qur’an selain untuk menghafal Al-Qur’an adalah untuk lebih mendekatkan siswa dengan Al-Qur’an. Program Pekan Cinta Al-Qur’an ini telah berjalan memenuhi targetan dan tujuan yang dibuat.

Kata Kunci: Pekan Cinta Al-Qur’an, Pendidikan Islam.

Islamic education is education that is based on Islam, contains the teachings of human life, and these teachings are based on the Qur'an and hadith. In Islamic education, the Qur'an is the main thing that every Muslim must learn and understand. Because the Qur'an is the foundation and guideline for Muslim life in living their daily lives, all aspects of human life are included in the Qur'an. For this reason, one form of teaching contained in Islamic education is studying the Al-Qur'an. The purpose of this study was to find out the implementation of the Qur'an Love Week Program for students at SMK Bina Insan Mulia Bandung. This research uses a qualitative descriptive research type. The subjects in this study were curriculum waka, tahfidz teachers and students. The object of this research is how to implement the Al-Qur'an Love Week Program for students at SMK Bina Insan Mulia Bandung. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. Then the data analysis process in this study used the Miles and Huberman model analysis techniques with three steps, namely data reduction, data display and drawing conclusions. Based on the discussion of the results of this study, it can be concluded that the Implementation of the Al-Qur'an Love Week Program helps students become closer to the Al-Qur'an. In addition, it helps students meet the target of memorization that has been set by the school. This program is not just a single activity that can be completed in a short time, but is a continuous activity, in which many people are involved in designing and compiling activities that will be carried out together. The purpose of the Al-Qur'an Love Week program apart from memorizing the Al-Qur'an is to bring students closer to the Al-Qur'an. The Al-Qur'an Love Week program has been running to meet the targets and goals set.

Keywords: Al-Qur'an Love Week, Islamic Education.

References

1. Maulana Y. Implementasi Program Tahfidzul Qur’an Bagi Peserta Didik Smp Islam Al-Irsyad Kabupaten Cilacap. Pedoman Penulisan Propos Skrips Jur Manaj Pendidik Islam. 2019;
2. Nasaiah R. Proses Pelaksanaan Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Qur’an Harsallakum Kota Bengkulu. 2019;
3. Kariah S. Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Bagi Mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Tahun 2019. Pesqui Vet Bras. 2021;
4. Nima N. Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya. 2018;
5. Sofriyana WE. Implementasi Program Tahfidzul Qur ’ An Di Mi Ma ’ Arif Nu 01 Gununglurah. 2018;
6. Puteri VA. Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Irsyad Islamic Boarding School Bulaan Kamba Kubang Putiah Kabupaten Agam Sumatera Barat. 2021;
7. Jaya F. Perencanaan Pembelajaran. 2019. 8–9 p.
8. Rohaeni. Pelaksanaan Program Bimbingan Tahfidz Al-Qur’an Melalui Media Whatsappdan Google Meetdi SDITAl-Fajri Cikarang Timur Kab. Bekasi. Islam Educ. 2022;Vol 2 No 1.
9. Susianti C. Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi. 2016;Vol 2, No.
10. Qomariyah N. Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Di Rumah Tahfidz Al-Qur’an (Rtq) Ebqory Jember. 2021;
11. Arifin Z. Evaluasi Pembelajaran. 2018.
12. Ratnawulan E. Evaluasi Pembelajaran. 2014.
13. Al-Ghausani Y bin A. Terobosan Terbaru Cepat Hafal Al-Qur’an. 2017. 47 p.
Published
2023-08-14