Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VI SDN Pasirkelewih Cianjur
Abstract
Abstrak. Model pembelajaran sangat efektif dalam upaya peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar, karena pada kegiatan pembelajaran siswa dituntut untuk berperan aktif dan mampu mengembangkan kreativitasnya. Guru yang kreatif akan pandai memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kondisi objektif kreativitas siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL); 2) mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam peningkatan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi objektif kreativitas belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning menurun, sedangkan setelah diterapkan kondisi objektif kreativitas siswa meningkat. Hal ini ditunjukkan dari perolehan nilai rata-rata pada posttest sebesar 79,44, sedangkan pretest sebesar 35,00. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Paired-Samples t-Test yang memperoleh nilai Sig (2-tailed) = 0.000. Berdasarkan pengujian yang sudah dilakukan, maka dapat dikatakan bahwa ditolak dan diterima karena 0.000 < α 0.05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Pasirkelewih Cianjur.
Abstract. The learning model is very effective in efforts to improve the quality of teaching and learning activities because, in learning activities, students are required to play an active role and be able to develop their creativity. Creative teachers will be good at choosing learning models that can increase student creativity. This study aims to: 1) determine the objective conditions of student creativity before and after the implementation of the Project Based Learning (PjBL) learning model; and 2) identify the effect of the PjBL learning model in increasing student creativity. This study used a quantitative approach to the experimental method with a one-group pretest-posttest design. The results of this study indicate that the objective condition of student learning creativity before the implementation of the project-based learning model decreased, whereas after the application of the project-based learning model, the objective condition of student learning creativity increased. This is shown by the acquisition of an average score in the posttest of 79.44, while the pretest was 35.00. The application of the project-based learning model can increase student creativity. This can be seen from the results of the Paired-Samples t-test, which obtained a value of Sig (2-tailed) = 0.000. Based on the tests that have been carried out, it can be said that is rejected and is accepted because 0.000 < α 0.05. It can be concluded that there is a significant influence of the use of the project-based learning model on increasing the learning creativity of class VI students in Islamic Religious Education and Moral Education subjects at SDN Pasirkelewih Cianjur.
References
[2] A. Widiastuti, V. Istihapsari, and D. Afriady, “Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project,” pp. 1430–1440, 2018.
[3] M. Hermawan, “Langkah-Langkah Pembelajaran Project Based Learning (PjBL),” Ayo Guru Berbagi, 2020. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/project-based-learning/
[4] N. P. Rineksiane, “Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Untuk Membantu Siswa Dalam Berpikir Kritis,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 7, no. 1, pp. 82–91, 2022, doi: 10.17509/jpm.v7i1.43124.
[5] R. D. Rezeki, N. D. Nurhayati, and S. Mulyani, “Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Disertai dengan Peta Konsep untuk Siswa Pada Materi Redoks Kelas X-3,” J. Pendidik. Kim., vol. 4, no. 1, pp. 74–81, 2015.
[6] T. Lailatunnahar, “Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19 pada Siswa Kelas VII.1 di SMP Negeri Binaan Khusus Kota Dumai,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 1084–1094, 2021.
[7] F. A. Lubis, “Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project Based Learning,” PeTeKa, vol. 1, no. 3, p. 192, 2018, doi: 10.31604/ptk.v1i3.192-201.
[8] R. A. Natty, F. Kristin, and I. Anugraheni, “Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 3, no. 4, pp. 1082–1092, 2019, doi: 10.31004/basicedu.v3i4.262.
[9] Y. A. Appulembang, “Norma kreativitas menggunakan torrance test of creativity thinking untuk anak usia 6-12 tahun,” Provitae J. Psikol. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 41–57, 2017.
[10] Rasmayanti, “Analisis Keterampilan Berpikir Kelancaran (Fluency), Keluwesan (Flexibility) dan Kebaruan (Originality) Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi,” 2022.