A Scientific Paper About Tajweed Pengelolaan Pembelajaran Ilmu Tajwid di Madrasah Diniyah Awaliyah Takmiliyah Darul Muttaqin Kota Bandung.

  • Faruk Ramdani Muhammad Faruk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung
Keywords: Pengelolaan, Pembelajaran, Ilmu Tajwid

Abstract

This study aims to explore the management of Tajweed learning at Madrasah Diniyah Awaliyah Takmiliyah Darul Muttaqin in Bandung. The research adopts a qualitative approach and collects data through classroom observations, interviews with teachers, and analysis of relevant documents such as curriculum and teaching methods. The findings of this study reveal that the management of Tajweed learning in Madrasah Diniyah Awaliyah Takmiliyah Darul Muttaqin is based on a comprehensive learning plan. The plan includes specific steps to achieve the objectives of Tajweed learning. The curriculum is designed to cover essential topics related to Tajweed, focusing on the understanding and application of rules such as Nun Sukun or Tanwin, Qolqolah, Mad Farqi, and Gharib Muskilat Al-Qur'an. The learning process utilizes memorization methods, where teachers deliver the definitions and examples of Tajweed principles to the students. Additionally, teaching methods involve lectures and demonstrations by the teachers. The students are also given opportunities to reinforce their memorization through periodic retesting.. However, the study also identifies several challenges in the management of Tajweed learning for children in the madrasah. These challenges include limited learning time, particularly due to time constraints after the evening prayer. Furthermore, there is a need for more time dedicated to reviewing and reinforcing previously taught material. Additionally, some students face difficulties in memorization, which may hinder their progress in learning new material. Moreover, parental support plays a crucial role, as inadequate support at home may impact the students' overall learning experience. Based on the findings, it is recommended to improve the management of Tajweed learning in Madrasah Diniyah Awaliyah Takmiliyah Darul Muttaqin. Efforts should be made to optimize learning time, develop effective teaching strategies to enhance students' memorization skills, and encourage parental involvement in supporting Tajweed learning at home.
Keyword: Management, Learning, Tajweed.

Pengelolaan pembelajaran ilmu tajwid Diniyah Awaliyah Takmiliyah Darul Muttaqin di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengumpulkan data melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen seperti kurikulum dan metode pengajaran yang relevan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengelolaan pembelajaran ilmu tajwid di Madrasah Diniyah Awaliyah Takmiliyah Darul Muttaqin didasarkan pada rencana pembelajaran yang komprehensif. Rencana tersebut mencakup langkah-langkah spesifik untuk mencapai tujuan pembelajaran ilmu tajwid. Kurikulum yang digunakan dirancang untuk mencakup topik-topik penting yang terkait dengan ilmu tajwid, dengan fokus pada pemahaman dan penerapan aturan-aturan seperti Nun Sukun atau Tanwin, Qolqolah, Mad Farqi, dan Gharib Muskilat Al-Qur'an. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode hafalan, di mana para guru menyampaikan definisi dan contoh-contoh prinsip-prinsip tajwid kepada para siswa. Selain itu, metode pengajaran juga melibatkan ceramah dan demonstrasi oleh para guru. Para siswa juga diberikan kesempatan untuk memperkuat hafalan mereka melalui pengetesan ulang secara berkala. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam pengelolaan pembelajaran ilmu tajwid bagi anak-anak di madrasah ini. Tantangan-tantangan tersebut meliputi waktu pembelajaran yang terbatas, terutama karena keterbatasan waktu setelah salat Isya. Selain itu, diperlukan waktu yang lebih banyak untuk meninjau kembali dan memperkuat materi yang telah diajarkan sebelumnya. Beberapa siswa juga menghadapi kesulitan dalam menghafal, yang dapat menghambat kemajuan mereka dalam mempelajari materi baru. Selanjutnya, dukungan orang tua memainkan peran penting, karena dukungan yang kurang di rumah dapat mempengaruhi pengalaman belajar siswa secara keseluruhan.
Kata Kunci: Pengelolaan, Pembelajaran, Tajwid

References

Annawi, A. (2010). Panduan Tahsin dan Tilawah Al-Qur'an dan Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Djama'an Satori, Aan Komariah. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Vol. 3). Bandung: Alfabeta.
Dr. Nan Rahminawati, D. M. (2023). Manajemen Pendidikan. Bandung: Unisba Press - UPT Publikasi Ilmiah.
Yuli Hermawati, Nan Rahminawati, Aep Saepudin. (2020). Analisis Pengelolaan Pembelajaean dalam Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Kelompok B di Raudhatul Anfal. Prosiding Pendidikan Guru PAUD, 6. doi:http://dx.doi.org/10.29313/v6i2.23953
Yuli Hermawati, Nan Rahminawati, Aep Saepudin. (2020). Analisis Pengelolaan Pembelajaran Dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral Bagi Anak Usia Dini Kelompok B di Raudhatul Anfal. Prosiding Pendidikan Guru Paud, VI No. II. doi:http://dx.doi.org/10.29313/v6i2.23953
Yuliani, Syakilah Fadhliyah. (2021). Pengenalan Dasar Ilmu Tajwid Pada Anak Usia 8-10 tahun di Taman Al-Qur'an RW 002 Kampung Cikoang Kidul Desa Jatiendah. 73.
Zarkasyi, I. (1987). Pelajaran Tajwid Qaidah Bagaimana Mestinya Membaca Al-Quran. Ponorogo: Gontor.
Published
2023-08-14