Nilai-Nilai Pendidikan Dari Surah Al-Hadid Ayat 22 Tentang Musibah Sebagai Takdir
Abstract
Abstract. Speaking of disasters, there are many phenomena that have occurred in Indonesia. A phenomenon that can ultimately be learned from every phenomenon that occurs. Therefore, this study aims to (1) Describe the opinions of the mufassirs about Surah Al-Hadid verse 22 (2) Describe the essence contained in Surah Al-Hadid verse 22 (3) Describe the opinions of experts about disaster as fate (4) Describe the values of education in Surah Al-Hadid verse 22. From this research, several conclusions were obtained, namely: the essence contained in Surah Al-Hadid verse 22 (1) Nothing happens on earth, unless it has been recorded by Allah SWT (2) Allah SWT confirms (qada) and (destiny) everything that exists, both disasters on earth and in humans (3) Everything is carefully measured so that its existence is neat and orderly, there will be no disputes (4) Allah's knowledge is not limited to events that occur on earth and to humans because it has passing through the knowledge of Allah SWT (5) Every incident or disaster needs to be linked to Allah SWT who has held it (6) Always make the best possible effort and leave all the results of your endeavors to Allah SWT. Educational values from Surah Al-Hadid verse 22 (1) Involving Allah SWT in every aspect of life (2) Applying trustworthiness and always getting closer to Allah SWT (3) Making oneself optimistic in achieving goals (4) Always have a persistent attitude and do not give up (5) Foster an attitude of caring and mutual respect among others.
Keywords: Disasters, Lauhul Mahfuzh, verse 22 of the Quran, and moral principles
Abstrak. Berbicara mengenai musibah, banyaknya fenomena yang terjadi di Indonesia. Fenomena yang pada akhirnya dapat dipetik hikmah dalam setiap fenomena yang terjadi. Oleh karena itu, penellitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pendapat para mufassir tentang Surah Al-H{adi<d ayat 22 (2) mendeskripsikan esensi yang terkandung dalam Surah Al-H{adi<d ayat 22 (3) Mendeskripsikan pendapat para ahli tentang musibah sebagai takdir (4) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam Surah Al-Hadid ayat 22. Dari penelitian ini, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu: esensi yang terkandung dalam Surah Al-Hadid ayat 22 (1) Tidak ada kejadian yang terjadi di muka bumi ini, kecuali telah tercatat oleh Allah Swt (2) Allah Swt mengkukuhkan (qada) dan (takdir) segala yang ada, baik musibah di bumi maupun pada diri manusia (3) Semuanya diukur dengan cermat agar keberadaanya rapi dan teratur, tidak akan ada perselisihan (4) Ilmu Allah Swt., tidak terbatas pada peristiwa yang terjadi di bumi dan pada manusia karena sudah melewati pengetahuan Allah Swt (5) Setiap kejadian atau musibah perlu dikaitkan kepada Allah Swt yang sudah mengadakan (6) Senantiasa berikhtiar semaksimal mungkin dan menyerahkan segala hasil ikhtiar terhadap allah Swt. Nilai-nilai pendidikan dari Surah Al-Hadid ayat 22 (1) Melibatkan Allah Swt., dalam segala aspek kehidupan (2) Menerapkan sikap tawakal dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah (3) Menjadikan diri menjadi optimis dalam meraih cita-cita (4) Senantiasa memiliki sikap gigih dan tidak berputus asa (5) Menumbuhkan sikap kepedulian dan saling menghargai antar sesama.
Kata Kunci: Musibah, Lauhul Mahfuzh, Al-Hadid ayat 22, Nilai-nilai pendidikan.
References
[2] An Nawawi, I. (2005). Hadits Arbain An-Nawawiyah.
[3] Detikjateng. (2022, October 25). 5 Warung di Tembalang Semarang Rusak Tertimpa Pohon Tumbang . Https://Www.Detik.Com/Jateng/Berita/d-6369051/5-Warung-Di-Tembalang-Semarang-Rusak-Tertimpa-Pohon-Tumbang.
[4] Detiknews. (2022, October 2). Tragedi Kanjuruhan: Tragedi, Kronologi, Penyebab dan Jumlah Korban. Https://News.Detik.Com/Berita/d-6324274/Tragedi-Kanjuruhan-Kronologi-Penyebab-Dan-Jumlah-Korban.
[5] Detiksulsel. (2022, October 22). Anak Tabrak Ayah-Ibunya di Balikpapan hingga Tewas Masih di Bawah Umur . Https://Www.Detik.Com/Sulsel/Hukum-Dan-Kriminal/d-6362927/Anak-Tabrak-Ayah-Ibunya-Di-Balikpapan-Hingga-Tewas-Masih-Di-Bawah-Umur.
[6] Saefullah. (2010). Tafsir Al-Quran Juz XXVII (1st ed.). Penerbit Lembaga Studi Islam Universitas Islam Bandung (LSI Unisba).
[7] Isu Bogor. (2022, November 2). Kecelakaan Kerja di Tambang Darma Henwa BCP, Pegawai Baru Tewas Terlindas Buldoser. Https://Isubogor.Pikiran-Rakyat.Com/Gaduh/Pr-455779395/Kecelakaan-Kerja-Di-Tambang-Darma-Henwa-Bcp-Pegawai-Baru-Tewas-Terlindas-Buldozer.
[8] Kementrian Agama. (2023a). Terjemahan Qs al Baqarah ayat 155.
[9] Kementrian Agama. (2023b). Terjemahan Qs al Hadiid ayat 22.
[10] Kompas.com. (2022a, October 19). Kebakaran yang Meluluhlantakkan Kubah Masjid Jakarta Islamic Centre, Kini Tersisa Puing yang Jadi Bara. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebakaran yang Meluluhlantakkan Kubah Masjid Jakarta Islamic Centre, Kini Tersisa Puing yang Jadi Bara. Https://Megapolitan.Kompas.Com/Read/2022/10/21/10273281/Kebakaran-Yang-Meluluhlantakkan-Kubah-Masjid-Jakarta-Islamic-Centre-Kini?Page=all.
[11] Kompas.com. (2022b, October 25). Kebakaran Gudang Triplek di Bandung, Petugas 24 Jam Berjuang Padamkan Api . Https://Bandung.Kompas.Com/Read/2022/10/25/225045978/Kebakaran-Gudang-Triplek-Di-Bandung-Petugas-24-Jam-Berjuang-Padamkan-Api#:~:Text=BANDUNG%2C%20KOMPAS.Com%20%2D%20Kebakaran,WIB%2C%20api%20belum%20bisa%20dipadamkan.
[12] Lubis, A. H. (2016). Pendidikan Keimanan dan Pembentukan Kepribadian Muslim. Jurnal Darul ’Ilmi , 4, 2–5.
[13] Quthb, S. (2004). Tafsir Fi Zhilalil Qur’an Jilid 11. Gema Insani.
[14] Tim detikcom. (2022, October 24). Pembunuh Anak Pulang Ngaji di Cimahi: Identitas, Motif hingga Kronologi . Https://News.Detik.Com/Berita/d-6365328/Pembunuh-Anak-Pulang-Ngaji-Di-Cimahi-Identitas-Motif-Hingga-Kronologi#:~:Text=Seperti%20diberitakan%20sebelumnya%2C%20anak%20perempuan,Raya%20sampai%20ditemukan%20oleh%20warga.