Implementasi Program Unggulan Tahfidz Hadits Terhadap Adab Bergaul Siswa Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Persis 259 Firdaus Pangalengan
Abstract
Abstrak. Adab bergaul sangat erat kaitannya dengan akhlak seseorang maka perlu dilakukan pembiasaan akhlak yang baik pada anak sejak usia dini. Hafalan Hadits menjadi salah satu faktor yang bisa membentuk pembiasaan akhlak selain itu juga sebagai bentuk penjagaan dari keaslian pedoman ummat islam. Adapun yang melatarbelakangi penulis meneliti hal ini karena beberapa penelitian mengungkapkan bahwa masih terdapat anak siswa yang berperilaku atau beradab kurang baik terhadap sesama maupun orangtua, seperti membully ataupun melawan kepada guru. Kaitannya dengan program ini sebab terdapat hadits yang menjelaskan bagaimana beradab yang baik kepada sesama maupun orangtua. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana perencaan program unggulan Tahfidz Hadits pada siswa Madrasah Ibtidaiyyah Persis 259 Firdaus? (2) Bagaimana pelaksanaan program unggulan Tahfidz Hadits pada siswa Madrasah Ibtidaiyyah Persis 259 Firdaus? (3) Bagaimana evaluasi program unggulan Tahfidz Hadits pada siswa Madrasah Ibtidaiyyah Persis 259 Firdaus?. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa dapat mengimplementasikan program unggulan Tahifdz Hadits dalam kehidupannya sehari-hari, terlihat dalam sikapnya ketika berada di sekolah dan rumah. Program ini dirasakan manfaatnya oleh semua pihak terutama guru selaku pembimbing dari program tersebut dan orangtua yang senantiasa merasakan kebaikan-kebaikan yang siswa lakukan berdasarkan hadits yang siswa pelajari dalam program tahfidz hadits.
Kata Kunci: Program Unggulan Tahfidz Hadits, Implementasi, Adab
Abstract. Associating manners are very closely related to one's morals, it is necessary to carry out good moral habituation in children from an early age. Memorization of Hadith is one of the factors that can shape moral habit as well as a form of maintaining the authenticity of the guidelines of the Islamic Ummah. As for the background of the authors researching this matter because several studies reveal that there are still students who behave or are not civilized enough towards each other and their parents, such as bullying or fighting against the teacher. The connection with this program is because there are hadiths that explain how to be civilized towards others and parents. Based on this phenomenon, the problems in this study are formulated as follows: (1) How is the planning of the Tahfidz Hadith flagship program for students at Madrasah Ibtidaiyyah Persis 259 Firdaus? (2) How is the implementation of the flagship program Tahfidz Hadith for students of Madrasah Ibtidaiyyah Persis 259 Firdaus? (3) How is the evaluation of the flagship program Tahfidz Hadith for students of Madrasah Ibtidaiyyah Persis 259 Firdaus? Researchers used a qualitative approach method with qualitative descriptive data types. The results of this study are that students can implement the Tahifdz Hadith superior program in their daily lives, seen in their attitude when they are at school and at home. The benefits of this program are felt by all parties, especially teachers as supervisors of the program and parents who always feel the good things that students do based on the hadiths that students learn in the tahfidz hadith program.
Keywords: Tahfidz Hadith Featured Program, Implementation, Adab.
References
[2] Arif, M. (2019). ADAB PERGAULAN DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZÂLÎ: Studi Kitab Bidâyat al-Hidâyah. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 6(1), 64. https://doi.org/10.19105/islamuna.v6i1.2246
[3] Andani, A. T. V., Setyowati, E., & Amin, F. (2019). Implementasi Program Pelayanan One Day Service dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Badan Pertanahan Nasional Kota. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 5(3), 328–336. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2019.005.03.9
[4] Anjar. (2019). Pengertian Evaluasi Menurut Pendapat Ahli. Wawasan Pendidikan.
[5] Apriyani, S. (2022). Implementasi Program Tahfidzul Qur’an Dalam Meningkatkan Karakter Santri Putra Pondok Pesantren Madarijul Ulum Batu Putu Teluk Betung Barat. (Vol. 33, Issue 1).
[6] Fitri, N. L. (2017). Peran Orang Tua dalam Membentuk Akhlak Anak Sejak Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 155–168. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i2.11
[7] Hertanti, S., Nursetiawan, I., Garvera, R. R., & Asep Nurwanda. (2019). Pelaksanaan Program Karang Taruna Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Jurnal MODERAT, 5(3), 305–315.
[8] Idrus L. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.
[9] Inten, Dinar Nur, Helmi Aziz, Dewi Mulyani, and Haditsa Qur’ani Nurhakim. 2023. “Pendampingan Guru Madrasah Diniyyah Dalam Melaksanakan Pembelajaran Literasi Al-Qur’an Melalui Model PAIKEM.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (1): 2259–66.
[10] Munthe, A. P. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
[11] Novan, M., Sumampouw, I., & Undap, G. (2018). Implementasi Pembangunan Infrastruktur Desa Dalam Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (Studi) Desa Ongkaw Ii Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Eksekutif, 1(1), 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/21950
[12] Ovalhanif. (2011). Pengertian Perencanaan, Tujuan Perencanaan, Prinsip Perencanaan, Filosofi Perencanaan Program. Bappeda Litbang Banjarmasin. https://bappedalitbang.banjarmasinkota.go.id/2011/05/pengertian-perencanaan-tujuan.html
[13] Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074