Efektivitas Media Pembelajaran Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fiqih Kelas VI di SDN Curug Ciwidey

  • Neng Lilis Maesaroh Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Erhamwilda Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Khambali Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Media pembelajaran wordwall, hasil belajar

Abstract

Abstrak. Penelitian dilakukan di SDN Curug Ciwidey kelas VI yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran Wordwall pada pembelajaran Fiqih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode quasi eksperimen dengan bentuk desain One Grup Desain. Kemudian untuk teknik pengumpulan data ini untuk hasil belajar adalah tes. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t (Independent Sample T-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  media pembelajaran wordwall dalam proses pembelajaran fiqih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dapat ditunjukan dengan   total skor test dan nilai rata-rata siswa yang telah diperoleh dari pretest dan posttest lebih tinggi dibandingkan dengan pretest kemudian ditunjukan uji hipotesis dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.000 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat dinyatakan bahwa adanya efektifnya penggunaan Media Pembelajaran wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VI di SDN Curug Ciwidey.

Abstract. The research was conducted at SDN Curug Ciwidey class VI which aimed to find out whether there was an increase in student learning outcomes through Wordwall learning media in Fiqh learning. This study used a quantitative approach, a quasi-experimental method with the One Group Design design. Then for this data collection technique for learning outcomes is a test. Data analysis techniques were performed by t test (Independent Sample T-test). The results of this study indicate that wordwall learning media in the fiqh learning process has an effect on student learning outcomes which can be shown by the total test score and the average student score that has been obtained from the pretest and posttest which is higher than the pretest then indicated by the hypothesis test with the Sig value. (2-tailed) ie 0.000 <0.05, then Ha is accepted and Ho is rejected. So that it can be stated that there is an effective use of wordwall learning media in improving student learning outcomes in class VI at SDN Curug Ciwidey.

References

1. Erhamwilda. 2018. “Psikologi Belajar Islami.” In , 165. Yogyakarta: psikosain.
2. Sherianto,. Wordwall. Aplikasi. Bermain. Sambil. Belajar,. 2020.
3. Halik Irham , (2020) “Membuat Game Edukasi Dengan Wordwall”
4. Fanny Mestyana Putri (2020)” Efektifitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 Di Min 2 Kota Tanggerang Selatan”.
5. Putu Ade, Gusti Agung. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan Spss. Yogyakarta.
6. Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa.” Misykat 03 (2018): 174–175.
7. Sudjana N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2019.
8. Departemen Agama RI. 2004. Pola Pembinaan Pendidikan Agama Islam Terpadu. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam.
9. Asmawi Zainul, Noehi Nasoetion. 1997. Penilaian Hasil Belajar. Pusat Antar Universitas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
10. Gunawan dan Asnil Aidah R. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0.
11. Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa.” Misykat 03 (2018): 174–175.
Published
2023-08-14