Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP PGII 2 Bandung
Abstract
Abstrak. Hasil belajar peserta didik berhubungan erat dengan tujuan pendidikan nasional baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil belajar harus terpenuhi karena merupakan sejumlah pengalaman yang diperoleh dan menghasilkan prestasi belajar dari siswa secara keseluruhan dan hal tersebut terjadi karena adanya perubahan perilaku setelah mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAIBP kelas VIII SMP PGII 2 Bandung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi exsperimental design dengan bentuk desain nonequivalent control group desain. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibutikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif yaitu 81,71, sedangkan pada kelas kontrol 72,54. Kemudian pada hasil belajar afektif nilai rata-rata yang diperoleh dari kelas eksperimen yaitu 84,71 dan kelas kontrol 76,15. Dan hasil belajar pada ranah psikomotor nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 84,71 dan pada kelas kontrol diperoleh 76,77. Hal ini juga ditunjukan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t independent, hasil belajar ranah kognitid nilai signifikansi (p) diperoleh 0,02, hasil belajar ranah afektif nilai signifikansi (p) diperoleh 0,000 dan pada hasil belajar psikomotor nilai signifikansi (p) diperoleh 0,000. Angka tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Hₒ ditolak dan Hₐ diterima.
Abstract. Student learning outcomes are closely related to national education goals from both cognitive, affective, and psychomotor aspects. Learning outcomes must be fulfilled because they are a number of experiences gained and produce learning achievements from students as a whole, and this occurs because of changes in behavior after participating in the teaching and learning process. This study aims to determine the effect of applying the snowball throwing type of cooperative learning model on learning outcomes in PAIBP in class VIII SMP PGII 2 Bandung. The research method used in this study was a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. The use of the Snowball Throwing Membrane type cooperative learning model influences student learning outcomes. This is evidenced by the higher student learning outcomes in the experimental class than in the control class. Th the experimental class, the average value of learning outcomes in the cognitive domain was 81,71, while in the control class it was 72,54. Than, in the affective domain learning outcomes, the average value obtained from the experimental class is 84,71 and the control class is 76,16. And the learning outcomes in the psychomotor domain mean the experimental class is 84,71, and the control class class is 76,77. This is also shown from the results of hypothesis testing using the independent t test for learning outcomes in the cognitive domain, where significance value (p) was obtained at 0.02, affective domain learning outcomes, where significance value (p) was obtained at 0.000, and psychomotor domain learning outcomes, where significance value (p) was obtained at 0.000. This figure is smaller than 0.05, so it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted.
References
2) Ni Nyoman Parwati. MPD. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. 1st ed. Depok: Rajawali Pers; 2018. 1–6 p.
3) Sudjana N. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2018.
4) Irmayanti A dan. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. J Geogr. 2019;3:2.
5) Rusman MP. Model-Model pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Edisi 2. Depok: Rajawali Pers; 2018. 202 p.
6) Kusumawati N. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorego. J Pendidik Dasar Islam Berbas Sains. 2019;2.
7) Resnawati CI. Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. 1st ed. Prihartini B, editor. Jombang: Kun Fayakun Anggota IKAPI; 2021. 22–31 p.
8) Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). 3rd ed. Dr. Apri Nuryanto, S.Pd.,S.T. MT, editor. Bandung: ALFABETA cv; 2019. 138–140 p.