Efektivitas Metode Jigsaw pada Mata Pelajaran PAI Materi Sholat Kewajibanku dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Kelas III di SDN Nata Endah 02 Bandung

  • Siti Sayyidah Maulidiah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Metode Jigsaw, Keterampilan Praktik Salat, Siswa, Sholat Kewajibanku

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan praktik salat pada siswa kelas III SDN Nata Endah 02 Bandung. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan keterampilan praktik salat menggunakan metode Jigsaw pada siswa kelas III SDN Nata Endah 02 Bandung. Dari hasil observasi awal yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa keterampilan praktik salat pada siswa masih rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian supaya keterampilan praktik salat menggunakan metode Jigsaw pada siswa dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis quasi experiment One Group Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Nata Endah 02 Bandung 39 siswa. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 1 kelompok. Hasil pretest dengan skor rata-ratanya adalah 14,26 setelah diberikan perlakuan metode Jigsaw hasil posttest dengan skor rata-ratanya menjadi 31,33. Untuk menguji signifikansi dengan cara membandingkan t0 (“t” hitung) dengan tt (“t” tabel). Bahwa hipotesis alternatif (ℎ

References

Metode Jigsaw, Keterampilan Praktik Salat, Siswa, Sholat Kewajibanku
Published
2023-08-07