Strategi Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum Merdeka Bagi Siswa Kelas 4 SDN 041 Cibuntu Warung Muncang di Kota Bandung
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Kurikulum Merdeka pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa kelas 4 di SDN 041 Cibuntu Warung
Muncang. Kurikulum Merdeka adalah pendekatan yang memberikan kebebasan dan tanggung
jawab kepada siswa dalam mengelola pembelajaran, dengan tujuan mendorong kemandirian,
kreativitas, dan motivasi belajar yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan
guru PAI, dan analisis dokumen terkait kurikulum merdeka yang diterapkan di sekolah tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PAI
di SDN 041 Cibuntu Warung Muncang melibatkan beberapa tahapan. Pertama, perencanaan
proses pembelajaran PAI. Kedua, pelaksanaan pembelajaran PAI. Ketiga, evaluasi
pembelajaran dalam menggunakan Kurikulum Merdeka. Penerapan Kurikulum Merdeka pada
pembelajaran PAI di SDN 041 Cibuntu Warung Muncang memberikan manfaat yang signifikan
bagi siswa.
Abstract. Consider integrating independent curricula into their curriculum development plans.
This study aims to determine the use of the Independent Curriculum in learning Islamic
Religious Education (PAI) for grade 4 students at SDN 041 Cibuntu Warung Muncang. The
Independent Curriculum is an approach that gives freedom and responsibility to students in
managing learning, with the aim of encouraging independence, creativity, and high learning
motivation. The research method used in this research is qualitative. Data was collected through
class observations, interviews with PAI teachers, and analysis of documents related to the
independent curriculum implemented in the school. The results of the study show that the use
of the Independent Curriculum in PAI learning at SDN 041 Cibuntu Warung Muncang involves
several stages. First, planning the PAI learning process. Second, the implementation of PAI
learning. Third, evaluation of learning in using the Independent Curriculum. The application of
the Independent Curriculum to PAI learning at SDN 041 Cibuntu Warung Muncang provides
significant benefits for students.