Metode Question Student Have (QSH) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam

  • Muhammad Al Fatih Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Asep Dudi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Huriah Rachmah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Question Student Have, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 228 Jakarta yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti setelah dilakukanya pembelajaran menggunakan metode question student have. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan bentuk Noneequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 228 Jakarta dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diperoleh menggunkan teknik purposive Sampling yakni kelas eksperimen (8B) yang diterapkan metode pembelajaran question student have dan kelas kontrol (8C) yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian memperlihatkan hasil belajar siswa mendapati peningkatan setelah dilaksanakannya pembelajaran memakai question student have. Hasil belajar tersebut meliputi ranah kognitif dengan hasil rata-rata sebelum (61) setelah (84), ranah afektif sebelum (59) setelah (85), dan ranah psikomotorik sebelum (61) setelah (88), sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP di kelas VIII mengalami peningkatan setelah dilaksanakannya pembelajaran memakai metode question student have. Adapun perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan hasil analisis melalui uji t pada ranah kognitif dengan hasil hitung t hitung > t tabel (2,702 > 1,995), ranah afektif t hitung > t tabel (2,476 > 1,995), ranah psikomotorik t hitung > t tabel (2,931 > 1,995), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan metode question student have dengan konvensional akan menghasilkan hasil belajar yang berbeda.

Abstract. This research was conducted at SMPN 228 Jakarta which aims to determine the improvement of student learning outcomes in the subjects of Islamic Religious Education and Ethics after learning using the question student have method. The research method used is Quasi Experimental with the form of Noneequivalent Control Group Design. The population in this study was class VIII students of SMPN 228 Jakarta with a research sample consisting of 2 classes obtained using purposive sampling techniques, namely experimental classes (8B) which were applied to the question student have learning method and control classes (8C) applied to conventional learning. The results showed that student learning outcomes have improved after the implementation of learning using question student have. These learning outcomes include the cognitive realm with average results before (61) after (84), the affective realm before (59) after (85), and the psychomotor realm before (61) after (88), so it can be concluded that student learning outcomes in PAIBP subjects in class VIII have increased after the implementation of learning using the question student have method. The difference in the average learning outcomes between the experimental class and the control class was proven by the results of analysis through the t test in the cognitive realm with the results of calculating t count > t table (2,702 > 1,995), the affective realm t count > t table (2,476 > 1,995), the psychomotor realm t count > t table (2,931 > 1,995), so that it can be concluded that learning using the conventional question student have method will produce different learning outcomes.

References

[1] I. Mashuri, R. Faishol, and A. Rofiq, “Komparasi Hasil Belajar Siswa Kelas MAN 2 Banyuwangi Dalam Pembelajaran Materi Akidah Akhlak Menggunakan Metode Pembelajaran Make A Match dan Picture And Picture,” WASATHIYAH ( moderasi beragama) Dalam Perspekt. Quraish Shihab, vol. 03, no. 01, p. 71, 2022.
[2] H. Nugraha and A. Ambiyar, “Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 18, no. 2, pp. 49–54, 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i2.295.
[3] I. Wirawan, I. M. Suarjana, and N. T. Renda, “Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Matematika,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 2, no. 2, p. 160, 2018, doi: 10.23887/jisd.v2i2.15485.
[4] I. Mahmudi, M. Z. Athoillah, E. B. Wicaksono, and A. R. Kusuma, “Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom,” J. Multidisiplin Madani, vol. 2, no. 9, pp. 3507–3514, 2022.
[5] R. Andriani and R. Rasto, “Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 4, no. 1, p. 80, 2019, doi: 10.17509/jpm.v4i1.14958.
[6] H. Cahyono, “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti,” J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.24269/dpp.v7i1.1636.
[7] I. W. Subagia and I. G. L. Wiratma, “Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones., vol. 5, no. 1, p. 39, 2016, doi: 10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293.
[8] M. I. Sidik NH. and H. Winata, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 1, no. 1, p. 49, 2016, doi: 10.17509/jpm.v1i1.3262.
[9] A. N. Sobron, S. Titik, and S. Meidawati, “Jurnal Inovasi Penelitian,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 3, pp. 1–4, 2020.
[10] A. Yanuarti and A. Sobandi, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 1, no. 1, p. 11, 2016, doi: 10.17509/jpm.v1i1.3261.
[11] I. A. Shiddiqy and I. N. Suputra, “Keberhasilan Keberhasilan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Adm. …, vol. 10, no. 2017, pp. 94–106, 2022, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/17479%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/download/17479/8100
[12] U. Oktaviani, S. Kumawati, M. N. Apriliyani, H. Nugroho, and E. Susanti, “Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong,” MATH LOCUS J. Ris. dan Inov. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020, doi: 10.31002/mathlocus.v1i1.892.
[13] E. M. Adnyana, “Implementasi Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar,” Indones. J. Educ. Dev., vol. 1, no. 3, pp. 496–505, 2020, doi: 10.5281/zenodo.4286979.
[14] R. W. Buyung, “Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran,” vol. 5, no. 1, pp. 46–51, 2022.
[15] Y. S. Utami, “Research & Learning in Primary Education Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Research,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2020.
[16] Tasya Nabillah and A. P. Abadi, “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa,” Sesiomedika, pp. 659–663, 2019.
[17] N. Zahara, “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Sman 1 Simpang Tiga,” vol. 5, pp. 100–110, 2022.
[18] S. Waruwu, “Strategi Learning Start With a Question Dan Question Student Have Terhadap,” vol. 6, no. 2, pp. 43–54, 2019.
[19] F. Aryansyah, “PELAKSANAAN QUESTION STUDENT HAVE METHOD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA,” vol. 2, no. 1, pp. 91–98, 2021.
[20] H. S. Nugraheni Safitri, “Pengaruh penerapan strategi active learning tipe Question Student Have terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika,” Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 67–77, 2017, [Online]. Available: file:///C:/Users/USER/Downloads/620-1571-1-PB.pdf
[21] S. S. Uli, “Analisis Keefektifan Penerapan Metode Question Student Have Dalam Pembelajaran IPA,” vol. 1, no. 1, pp. 76–93, 2018.
[22] W. Somayana, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM,” J. Pendidik. Indones., vol. 1, no. 3, pp. 350–361, 2020, doi: 10.36418/japendi.v1i3.33.
[23] N. Nurhaswinda, “Penerapan Metode Question Student Have Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik,” el-IbtidaiyJournal Prim. Educ., vol. 4, no. 1, p. 44, 2021, doi: 10.24014/ejpe.v4i1.12368.
[24] I. Bachtiar and B. Ahmad, “Keefektifan Pembelajaran Keterampilan Bertanya dengan Metode Question Student Have Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sinjai,” Manazhim, vol. 1, no. 2, pp. 104–116, 2019, doi: 10.36088/manazhim.v1i2.218.
[25] I. Isroyati, F. S. Hapsari, and A. T. Prasasty, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya dengan Model Pembelajaran Question Student Have pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Cipayung Kota Depok,” J. Pendidik. Ris. dan Konseptual, vol. 6, no. 2, p. 315, 2022, doi: 10.28926/riset_konseptual.v6i2.499.
[26] H. Fitriah, F. W. Mahatmanti, and S. Wahyuni, “Kefektifan Penggunaan Metode Drill Berstrategi Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Stoikiometri,” PENGARUH KONSENTRASI PADA PEMBUATAN Membr. KITOSAN TERHADAP Sel. ION Zn(II) DAN Fe(II), vol. 1, no. 2, pp. 1110–1115, 2019, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijcs
[27] Asy’ari and N. Rahimah, “Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square dengan Meetode Questtion Student Have Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas VIII SMPN Kota Banjarbaru,” Pendidik. Kim. PPs UNM, vol. 1, no. 1, pp. 91–99, 2021.
Published
2023-08-07