Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas x di sma islam al-musyawarah lembang, Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 50 orang siswa. Rendahnya motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan agama islam juga di alami oleh siswa SMA Islam Al-Musyawarah Lembang. Dan jenis penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode kuantitatif deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data ini dengan wawancara, angket dan dokumentasi untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t (Independent Sample T-test). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang Cukup tinggi pada Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Siswa sebesar 20%. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa yang cukup signifikan dan juga saran dalam penelitian ini Perlu adanya peningkatan terhadap model pembelajaran Cooperative learning tipe jigsaw yang diajarkan guru terhadap siswa, karena dengan model yang telah diajarkan sebelumnya siswa merasa bosan dan tidak fokus dengan apa yang disampaikan oleh guru.
Abstract. This study aims to determine the application of the jigsaw cooperative learning model to students' learning motivation in Islamic religious education subject class X at SMA Islam Al-Musa Lembang. The subjects of this study were all 50 students of class X, totaling 50 students. The low motivation to study in the subject of Islamic religious education was also experienced by students of AlMusyawarah Lembang Islamic High School. And this type of research uses quantitative types with descriptive quantitative methods. Then this data collection technique with interviews, questionnaires and documentation to determine the quality of the learning process. Data analysis techniques were performed by t-test (Independent Sample T-test). The results of this study indicate that there is a fairly high influence on the Jigsaw Cooperative Learning Model on Student Learning Motivation by 20% . The conclusion of this study is that there is a significant influence of the jigsaw type of cooperative learning model on student learning motivation and also suggestions in this study. students feel bored and do not focus on what is conveyed by the teacher.