Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Penghayatan SKI Siswa Kelas IV MI Al-Muttaqin Cicalengka
Abstract
Abstract. Based on observations made by researchers on March 1 2021 at MI Al-Muttaqin Cicalengka that there are problems faced by students in studying SKI subject material. With the above facts, an innovative learning strategy is needed which is expected to be more effective and efficient which is able to provide opportunities for students to construct their own knowledge based on their cognitive maturity. One alternative that can be used is the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model. The purpose of this study was to determine student learning outcomes through the Contextual Teaching And Learning learning model to improve student learning outcomes in SKI subjects. The method used in this research is empirical quantitative research using a scientific approach or called a quantitative approach with experimental methods. Several data collection techniques were carried out, namely tests (pretest-posttest), interviews, observations and documentation studies. This quantitative research is presented in the form of descriptive statistics that clearly describe how the differences in the level of student learning outcomes in SKI subjects before and after being given treatment. The results of this study with the results of (a) Pretest obtained with an average of 51.5%. With this average value, it can be concluded that learning outcomes can be said to be low. The low student learning outcomes have several factors that greatly influence, one of which is the learning model. (b) From the results of the Posttest, the average result was 58.37%. From the average results, it can be seen that there is a significant increase. (c) The effect of the Contextual Teaching and Learning (CTL) model on learning outcomes can be see through the posttest results. The posttest results have a significant average, so the Contextual Teaching and Learning (CTL) model applied by this researcher has increased because the researchers themselves provide direction to students. Therefore, learning outcomes increase when the treatment is carried out.
Abstrak. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 1 Maret 2021 di MI Al-Muttaqin Cicalengka bahwa ada masalah yang di hadapi peserta didik dalam mempelajari materi mata pelajaran SKI. Adanya kenyataan seperti diatas, maka diperlukan suatu inovasi strategi belajar yang diharapkan lebih efektif dan efisien yang mampu memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengontruksi pengetahuannya sendiri berdasarkan kematangan kognitif yang dimilikinya.Salah satu alternatif yang bisa digunakan yaitu metode Contextual Teaching and Learning(CTL).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian empirik kuantitatif menggunakan pendekatan ilmiah atau disebut pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Beberapa teknik pengumpulan data yang ditempuh yaitu tes (pretest-posttest), wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian kuantitatif ini disajikan dalam bentuk statistik deskriptif yang menjabarkan secara jelas bagaimana perbedaan tingkat hasil peserta didik pada mata pelajaran SKI sebelum dan setelah diberi perlakuan. Hasil dari penelitian ini dengan hasil (a) Pretest yang diperoleh dengan rata-rata yaitu 51,5 %. Dengan nilai rata-rata tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dapat dikatakan rendah. Rendahnya hasil belajar peserta didik ini memiliki beberapa faktor yang sangat mempengaruhi, salah satunya yaitu model pembelajaran. (b) Dari hasil Posttest memperoleh hasil rata-rata yaitu 58,37%. Dari hasil rata-rata tersebut dapat terlihat adanya peningkatan yang signifikan. (c) Pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) ini pada hasil belajar bisa dilihat melalui dari hasil posttest. Pada hasil posttest tersebut terbilang memiliki rata-rata yang signifikan, sehingga model Contextual Teaching and Learning (CTL) yang diterapkan oleh peneliti ini mengalami kenaikan karena peneliti sendiri memberikan arahan kepada peserta didk. Oleh karena itu hasil belajar meningkat saat perlakuan dilakukan.