Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Penghayatan SKI Siswa Kelas IV MI Al-Muttaqin Cicalengka

  • Fitri Melani Chaerunnisa Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Enoh Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Implemtasi, Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, SKI

Abstract

Abstract. Based on observations made by researchers on March 1 2021 at MI Al-Muttaqin Cicalengka that  there  are  problems  faced  by  students  in  studying  SKI  subject material. With the above facts, an innovative learning strategy is needed which is expected to be more effective and efficient which is able to provide opportunities for students to construct their own knowledge based on their cognitive maturity. One alternative that can be used is the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning  model. The  purpose  of  this  study  was  to  determine  student  learning outcomes  through  the  Contextual  Teaching  And  Learning  learning  model  to improve  student  learning  outcomes  in  SKI  subjects.  The  method  used  in  this research is empirical quantitative research using a scientific approach or called a quantitative  approach  with  experimental  methods.  Several  data  collection techniques  were  carried  out,  namely  tests  (pretest-posttest),  interviews, observations and documentation studies. This quantitative research is presented in the form of descriptive statistics that clearly describe how the differences in the level of student learning outcomes in SKI subjects before and after being given treatment. The results of this study with the results of (a) Pretest obtained with an average  of  51.5%.  With  this  average  value,  it  can  be  concluded  that  learning outcomes can be said to be low. The low student learning outcomes have several factors that greatly influence, one of which is the learning model. (b) From the results of the Posttest, the average result was 58.37%. From the average results, it can be seen that there is a significant increase. (c) The effect of the Contextual Teaching and Learning (CTL) model on learning outcomes can be see through the posttest results. The posttest results have a significant average, so the Contextual Teaching  and  Learning  (CTL)  model  applied  by  this  researcher  has  increased because  the  researchers  themselves  provide  direction  to  students.  Therefore, learning outcomes increase when the treatment is carried out.

 

Abstrak. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 1 Maret 2021 di MI Al-Muttaqin Cicalengka bahwa ada masalah yang di hadapi peserta didik dalam mempelajari materi mata pelajaran SKI. Adanya kenyataan seperti diatas, maka diperlukan suatu inovasi strategi belajar yang diharapkan lebih efektif dan efisien yang  mampu  memberikan  kesempatan  bagi  peserta  didik  untuk  mengontruksi pengetahuannya sendiri berdasarkan kematangan kognitif yang dimilikinya.Salah satu  alternatif  yang  bisa  digunakan  yaitu  metode  Contextual  Teaching  and Learning(CTL).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui hasil belajar peserta  didik  melalui  model  pembelajaran  Contextual  Teaching  And  Learning untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  SKI.  Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian empirik kuantitatif menggunakan pendekatan  ilmiah  atau  disebut  pendekatan  kuantitatif  dengan  metode  eksperimen. Beberapa teknik pengumpulan data yang ditempuh yaitu tes (pretest-posttest), wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penelitian kuantitatif ini disajikan  dalam  bentuk  statistik  deskriptif    yang  menjabarkan    secara  jelas bagaimana perbedaan tingkat hasil peserta didik pada mata pelajaran SKI sebelum dan setelah diberi perlakuan. Hasil dari penelitian ini dengan hasil (a)  Pretest  yang diperoleh dengan rata-rata  yaitu 51,5 %. Dengan nilai  rata-rata tersebut  maka  dapat  disimpulkan  bahwa  hasil  belajar  dapat  dikatakan  rendah. Rendahnya hasil belajar peserta didik ini memiliki beberapa  faktor  yang sangat mempengaruhi,  salah  satunya  yaitu  model  pembelajaran.  (b)  Dari  hasil  Posttest memperoleh hasil rata-rata yaitu 58,37%. Dari hasil rata-rata tersebut dapat terlihat adanya  peningkatan  yang  signifikan.  (c)  Pengaruh  model  Contextual  Teaching and  Learning  (CTL)  ini  pada  hasil  belajar  bisa  dilihat    melalui    dari    hasil  posttest. Pada hasil posttest tersebut terbilang memiliki rata-rata yang signifikan, sehingga model Contextual Teaching and Learning (CTL) yang diterapkan oleh peneliti ini mengalami kenaikan karena peneliti sendiri memberikan arahan kepada peserta  didk.  Oleh  karena  itu  hasil  belajar  meningkat  saat  perlakuan  dilakukan.

 

Published
2023-02-02