Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa SMP ITA At-Tauhid Pangkal Pinang

  • Iko Andrean Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Fitroh Hayati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an, Prestasi Belajar PAI Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana gambaran tentang program menghapal Al-Qur’an bagi siswa SMP Islam Tahfizh Al-Qur’an At-Tauhid Pangkal Pinang. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh program menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar PAI siswa SMP Islam Tahfizh Al-Qur’an At-Tauhid Pangkal Pinang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan inferensial yang mengoperasikann perhitunganya menggunakan program spss 25.0. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa SMPITA At-Tauhid Pangkal Pinang yang berjumlah 25 orang. Variabel yang dikaji pada penelitian ini yaitu Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an (X) dan Prestasi Belajar PAI Siswa (Y) dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan yaitu observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar PAI siswa. Pada tabel hasil perhitungan analisis korelasi pearson diperoleh nilai pearson correlation yaitu sebesar 0,642 yang pada tabel tingkat hubungan antar variabel masuk ke dalam kategori memiliki tingkat hubungan korelasi yang kuat. Pada tabel hasil perhitungan analisis korelasi pearson juga menunjukkan bahwa nilai pearson correlation memiliki nilai positif bukan negatif yaitu 0,642, artinya dapat disimpulkan bahwa program menghafal Al-Qur’an berhubungan positif terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMP ITA At-Tauhid Pangkal Pinang.

 

This study aims 1) to find out and analyze how the description of the Al-Qur'an memorization program for Tahfizh Al-Qur'an At-Tauhid Pangkalpinang Islamic Middle School students. 2) To find out and analyze how much influence the Al-Qur'an memorization program has on the learning achievement of PAI Islamic Middle School students at Tahfizh Al-Qur'an At-Tauhid Pangkalpinang. The research method used is descriptive quantitative and inferential analysis which operates the calculations using the SPSS 25.0 program. The sample in this study were 25 students at SMPITA At-Tauhid Pangkal Pinang. The variables studied in this study were the Implementation of the Al-Qur'an Memorization Program (X) and Student Achievement in PAI Learning (Y) with data collection techniques carried out by field research, namely observation, interviews, tests and documentation. The results of this study concluded that there was a significant influence between the Implementation of the Al-Qur'an Memorization Program on the Learning Achievement of PAI students. In the pearson correlation analysis calculation result table, the pearson correlation value is 0.642, which in the table of the level of relationship between variables is included in the category of having a strong level of correlation. In the table of calculation results of the Pearson correlation analysis it also shows that the Pearson correlation value has a positive not negative value of 0.642, meaning that it can be concluded that the Al-Qur'an memorization program is positively related to student achievement in PAI at SMP ITA At-Tauhid Pangkal Pinang.

 

 

 

 

 

Published
2023-02-24