Efektivitas Model Active Learning (MAL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 5 Lembang

  • Lala Nurul Qodariah Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Nan Rahminawati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Ikin Asikin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Model Active Learning, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstact. The low quality of learning is one of the problems that exist in the world of education. One of the problems in learning Islamic Religious Education is the low learning outcomes. The application of the Active Learning Models is very suitable for use in Islamic Religious Education subjects using the discussion method to improve student learning outcomes at SMP Negeri 5 Lembang. This study uses a quantitative approach. Data collection techniques are observation, interviews, questionnaires and documentation. The subjects of this research were 26 eighth grade students. The data analysis technique used in this study was the Paired Sample T-test with the help of SPSS 26.0 2022. The results of this study indicated that there was a significant influence between the application of the Active Learning Models and student learning outcomes. This is indicated by (1) There is a significant difference in scores on learning outcomes before and after the Active Learning Models is implemented (sig 0.000 <0.05). (2) The implementation is carried out to apply the Active Learning model with the discussion method which results in students becoming involved in the learning process. And (3) learning outcomes using the Active Learning Models to improve student learning outcomes have a high N gain value and are quite effective programs with an interpretation of effectiveness in the Pretty Effective category (56-75) as many as 16 people or 61.5%.     Abstrak. Rendahnya kualitas pembelajaran merupakan salah satu permasalahan yang ada di dunia pendidikan. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu rendahnya hasil pembelajaran. Penerapan Model Active Learning sangat cocok digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 5 Lembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, lembar angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan berjumlah 26 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini Uji Paired Sample T-test dengan bantuan SPSS 26.0 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara penerapan Model Active Learning dengan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan (1) Terdapat perbedaan nilai yang signifikan pada hasil belajar sebelum dan sesudah dilakukannya Model Active Learning (sig 0.000 < 0.05). (2) Implementasi yang dilakukan untuk menerapkan Model Active Learning dengan metode diskusi yang menghasilkan siswa menjadi  terlibat dalam proses pembelajaran. Dan (3) hasil pembelajaran menggunakan Model Active Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa memiliki nilai N gain yang Tinggi dan merupakan program yang Cukup Efektif nilai dengan tafsiran keefektifan pada kategori Cukup Efektif (56-75) sebanyak 16 orang atau 61.5 %.    
Published
2023-01-30