Model Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di Pesantren Qur'an Nurul Huda Subang

  • Nurgina Kamelia Ahmad Solehudin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Nan Rahminawati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Fitroh Hayati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
Keywords: Model, Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an

Abstract

Abstract. The tahfidz Al-Qur'an program is a flagship program at the Nurul Huda Subang Qur'an Islamic Boarding School, in its implementation a learning model has been applied which with the learning model applied now creates some of the best hafidz and hafidzah students who are able to complete 15 chapters in three years even beyond it to 30 juz. This study aims to find an approach to learning the tahfidz of the Qur'an at the Qur'an Islamic Boarding School Nurul Huda Subang, identify the procedures for implementing the tahfidz Al-Qur'an learning method at the Qur'an Islamic Boarding School Nurul Huda Subang, analyze the methods and techniques of learning tahfidz Al-Qur'an Qur'an at the Nurul Huda Subang Qur'an Islamic Boarding School, and reveals the advantages and disadvantages of the tahfidz learning model used at the Nurul Huda Subang Qur'an Islamic Boarding School. The method used in this research is descriptive method through a qualitative approach. By collecting data using observation techniques, interviews, and documentation studies. Based on the results of the research, the learning model applied at the Qur'an Nurul Huda Subang Islamic boarding school uses a direct learning model, this learning model applies step-by-step learning to students using a process approach which, if applied to the direct learning model, students will be more skilled in mastering the material. given, because this process approach focuses students on actively developing their potential in obtaining learning outcomes. The learning strategy is by determining the level of the bi al-nazhr program, and the bi al-gaib program, bi an-nadr is the level that specializes in improving Al-Qur'an reading and bi al-ghaib is the level for the memorization stage. The method used is to use the following methods: Tahsin, Ziyadah, Tasmi', Tafhim, Murajaah, and Ilham..

 

Abstrak. Program tahfidz Al-Qur’an merupakan program unggulan di Pesantren Qur’an Nurul Huda Subang, dalam pelaksanaannya telah diterapkan suatu model pembelajaran yang mana dengan model pembelajaran yang diterapkan kini terciptanya beberapa santri hafidz dan hafidzah terbaik yang mampu menuntaskan 15 juz dalam waktu tiga tahun bahkan melampauinya sampai 30 juz. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pendekatan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Qur’an Nurul Huda Subang, mengidentifikasi prosedur pelaksanaan metoda pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Qur’an Nurul Huda Subang, menganalisis metoda dan teknik pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pesantren Qur’an Nurul Huda Subang, dan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan pada model pembelajaran tahfidz yang digunakan di Pesantren Qur’an nurul Huda Subang. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran yang diterapkan di pesantren Qur’an Nurul Huda Subang menggunakan model pembelajaran langsung, model pembelajaran ini menerapkan kepada santri pembelajaran setahap demi setahap dengan menggunakan pendekatan proses yang mana jika diterapkan pada model pembelajaran langsung santri akan lebih terampil dalam menguasai materi yang diberikan, karena pendekatan proses ini yang memusatkan santri secara aktif mengembangkan potensi dirinya dalam memperoleh hasil belajar. Strategi pembelajarannya dengan menentukan tingkatan program bi al-nazhr, dan program bi al-gaib, bi an-nadr adalah tingkatan yang mengkhususkan perbaikan bacaan Al-Qur’an dan bi al-ghaib adalah tingkatan bagi tahap menghafal. Metoda yang digunakan adalah menggunakan metode: Tahsin, Ziyadah, Tasmi’, Tafhim, Murajaah, dan Ilham.

 

Published
2023-01-30