Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dengan Tarbiyah bi Al-Mau'izhah (Studi Analisis Penafsiran Ayat-ayat Al-Qur'an tentang Pendidikan Karakter Dengan Tarbiyah bi Al-Mau'izhah)
Abstract
Abstract. Humans have many tendencies caused by the many potentials they carry. Broadly speaking, this tendency can be divided into two, namely the tendency to be a good person and the tendency to be a bad person. Therefore, character education must be able to facilitate and develop positive values so that naturally-naturalistically it can build and shape a person into superior and noble individuals. The purpose of this research is to (1) Obtain the Qur'anic concept of character education with tarbiyah bi al ma'uizhah. (2) Obtaining the values of character education with tarbiyah bi al ma'uizhah listed in the Al-Qur'an. This research is included in the type of library research, namely making library materials as the main data source in research. The data related to this research were collected through literature study, because this study is related to the understanding of the Qur'an. The results of this study reveal that in the Qur'an there are 9 verses that use the word mau'izhah which is found in Q.S. Al-Baqoroh verses 66 and 275, Ali Imran verse 138, Al-Maidah verse 46, Al-'Araf verse 145, Yunus verse 57, Hud verse 120, An-Nahl verse 125, An-Nur verse 34. Then in this research an explanation has also been given regarding character education with tarbiyah bi al-mau'izhah along with the values of character education and the Qur'anic concept of character education with tarbiyah bi al ma'uizhah. The role of character education is very important and has many methods of implementing it. One of them is the method of advice or tarbiyah bi al ma'uizhah. In general, Tarbiyah bi al-mau'izhah has values that can support character education values such as: religious values, nationalism values, integrity values, independence values, and mutual cooperation values.
Abstrak. Manusia mempunyai banyak kecenderungan yang disebabkan oleh banyaknya potensi yang dibawanya. Kecenderungan secara kodarti itu dalam garis besarnya, dapat terbagi menjadi dua, yaitu kecenderungan menjadi orang baik dan kecenderungan menjadi orang jahat. Oleh sebab itu, pendidikan karakter harus dapat memfasilitasi dan mengembangkan nilai-nilai positif agar secara alamiah-naturalistik dapat membangun dan membentuk seseorang menjadi pribadi-pribadi unggul dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Memperoleh Konsep Al-Qur’an tentang pendidikan karakter dengan tarbiyah bi al ma’uizhah.(2) Memperoleh Nilai-nilai pendidikan karakter dengan tarbiyah bi al ma’uizhah yang tercantum dalam Al-Qur’an. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama dalam penelitian. Data-data yang terkait dengan penelitian ini dikumpulkan melalui studi pustaka, karena kajian ini berkaitan dengan pemahaman tentang isi terkandung Al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam Al-Qur’an terdapat 9 ayat yang menggunakan kata mau’izhah yaitu tedapat pada Q.S. Al-Baqarah ayat 66 dan 275, Ali ‘Imran ayat 138, Al-Maidah ayat 46, Al-‘Araf ayat 145, Yunus ayat 57, Hud ayat 120, An-Nahl ayat 125, An-Nur ayat 34. Kemudian pada penelitaian ini juga telah diberikan penjelasan mengenai pendidikan karakter dengan tarbiyah bi al-mau’izhah beserta nilai-nilai pendidikan karakter serta konsep al-Qur’an tentang pendidikan karakter dengan tarbiyah bi al ma’uizhah. Peranan pendidikan karakter sangatlah penting dan memiliki banyak metode dalam menerapkannya. Salah satunya terkaik dengan metode nasehat atau tarbiyah bi al ma’uizhah. Tarbiyah bi al-mau’izhah secara umum memiliki nilai yang dapat menunjang nilai-nilai pendidikan karakter seperti: nilai religius, nilai nasionalisme, nilai integritas, nilai kemandirian, dan nilai gotong royong.