Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Literasi dalam Pembelajaran Sejarah Islam pada Sekolah Dasar Berbasis Pesantren SD IT Al-Maqom Kota Cimahi
Abstract
Abstract. This study aims to determine the implementation of a teaching campus program to increase literacy in learning Islamic history in Islamic boarding school-based elementary schools IT Al – Maqom Cimahi City. According to the Ministry of Communication and Information of the Republic of Indonesia, UNESCO provided data that Indonesia ranks second from bottom regarding literacy skills at the world level, meaning that the interest in reading and writing of the Indonesian people has not dominated compared to their oration abilities. This influence certainly needs to be overcome through the right ways. The method used in this research is using a qualitative approach and using descriptive research methods. The data obtained by the researcher were obtained using any program that would be formulated by students related to design, planning, implementation and evaluation in the process of upgrading the two SD IT Al-Maqom and then carrying out an in-depth study. The data sources obtained were informant data sources as well as secondary data sources, using observation, interview and documentation techniques. The research results obtained in the study, namely the role of students is very important, namely by preparing programs, guiding, and training students in increasing literacy at school and outside of school. From this research it can also be concluded that the program designed by campus students teaching at SD IT Al-Maqom has been running properly.
Abstrak. UNESCO memberi data bahwa Indonesia menduduki urutan kedua dari bawah tentang kemampuan literasi pada tingkat dunia, artinya minat baca dan menulis masyarakat Indonesia belum mendominasi dibandingkan dengan kemampuan orasinya. Adapun yang melatarbelakangi penulis untuk membuat skripsi ini adalah karena dari beberapa penelitian mengungkap bahwa budaya literasi bangsa ini masih rendah. Pengaruh tersebut tentu perlu diatasi melalui cara-cara yang tepat. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode penelitian deskriptif. Data yang diperoleh peneliti didapatkan dengan menggunakan program apa saja yang akan dirumuskan oleh mahasiswa yang terkait dengan perancangan, perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dalam proses peningkatan di SD IT Al-Maqom dan kemudian dilakukan pengkajian secara mendalam. Sumber data yang diperoleh berupa sumber data informan dan juga sumber data sekunder, menggunakan tekhnik observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian, yaitu peranan mahsiswa sangatlah berperan penting yaitu dengan menyiapkan program, membimbing, serta melatih siswa dalam meningkatkan literasi di sekolah maupun diluar sekolah.. Dari penelitian tersebut juga dapat ditarik kesimpulan bahwa program yang telah dirancang oleh mahasiswa kampus mengajar di SD IT Al-Maqom telah berjalan dengan semestinya sesuai dengan rancanga yang telah dipersiapkan.