Pengaruh Media Pembelajaran Quiziz terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Akidah di SD Mathla’ul Khoeriyah

  • Demmy Arfani Arafah Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan
  • Asep Dudi Suhardini Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan
  • Arif Hakim Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan
Keywords: minat belajar, hasil belajar, Media Pembelajaran Quizizz

Abstract

Abstract. The purpose of this study was to determine the effect of quizizz learning media on the interest and learning outcomes of fifth grade students in the Aqidah subject, while the subjects of this study were all fifth grade students which were divided into two classes, namely VA and VB with a total of 50 students. This type of research is a type of quantitative research with quasi-experimental methods. Then for this data collection technique for interest in learning is a questionnaire and for learning outcomes is a test. Data analysis techniques were performed by t test (Independent Sample T-test). The results of this study indicate that quizizz learning media in the learning process of the Aqidah subject has an effect on students' learning interest while for some student learning outcomes it has no effect. The effect on learning interest is shown by the total score of the questionnaire and the average value of students who have obtained higher experimental class compared to the control class then shown a hypothesis test with a value of Sig. (2-tailed) ie 0.00 < 0.05. And for the learning outcomes of 2 out of 3 tested the effect is shown by the hypothesis test with the Sig value. (2-tailed) namely 0.01 and 0.00 < 0.05. Then 1 of the 3 tested had no effect shown by the hypothesis test with a Sig value. (2-tailed) namely 0.226 > 0.05.

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Akidah, adapun yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terbagi menjadi dua kelas yaitu V A dan V B yang berjumlah 50 orang siswa. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Kemudian untuk teknik pengumpulan data ini untuk minat belajar adalah angket/questioner dan untuk hasil belajar adalah tes. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t (Independent Sample T-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran quizizz dalam proses pembelajaran mata pelajaran Akidah berpengaruh terhadap minat belajar siswa sedangkan untuk hasil belajar siswa sebagian tidak berpengaruh, Berpengaruh terhadap minat belajar ditunjukan dengan total skor angket dan nilai rata-rata siswa yang telah diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol kemudian ditunjukan uji hipotesis dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.00 < 0.05. Dan untuk hasil belajar 2 dari 3 yang diujikan berpengaruh ditunjukan uji hipotesis dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.01 dan 0.00 < 0.05. Kemudian 1 dari 3 yang diujikan tidak berpengaruh ditunjukan uji hipotetsis dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.226 > 0.05

Published
2023-01-28