Analisis Mengenai Pembelajaran Akhlak Berbasis Zoom Meeting di Kelas V DTA Al-Barokah
Abstract
Abstract. Given the very important role of morality in society so that it instills the values of good behavior, but there are still many deficiencies in the teaching process system resulting in low learning outcomes. Seeing the problems that are found, the researcher sees the role of moral education in maintaining environmental harmony, it is necessary to make concrete efforts to instill these values intensively. Researchers chose DTA AL-Barokah as a relevant research location because they saw that this educational institution implements teaching activities using Zoom Meetings as an alternative so that the process of assessing students' morals can continue to be monitored. In this study, the researcher used a qualitative and descriptive approach and used several data collection techniques, namely interviews, observation and documentation studies which emphasized the delivery of research content based on the facts obtained. The aim is to show that before carrying out this online learning, the school and parents must work together in carrying out this online learning activity.
Abstrak. Mengingat sangat pentingnya peranan akhlak dalam bermasyarakat supaya menanamkan nilai-nilai perilaku yang baik tetapi masih banyak terdapat kekurangan dalam sistem proses mengajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Melihat permasalahan yang didapatkan maka Peneliti melihat adanya peran pendidikan moral dalam menjaga keharmonisan lingkungan, maka perlu adanya usaha konkrit untuk menanamkan nilai itu secara intensif. Peneliti memilih DTA AL-Barokah sebagai tempat penelitian yang relevan karena melihat lembaga pendidikan ini menerapkan kegiatan mengajar dengan menggunakan Zoom Meeting sebagai alternatif sehingga proses penilaian akhlak siswa bisa terus dipantau. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan
bersifat deskriptif dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi yang menekankan penyampaian isi penelitian bedasarkan fakta yang didapatkan. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa sebelum melaksanakan pembelajaran secara Daring ini, pihak sekolah dengan orangtua siswa harus saling bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Daring ini.