Korelasi Pembinaan Sikap Jujur dan Disiplin Siswa Terhadap Hasil Pengukuran Behaviorisme Menurut Guru PAI dan Guru BK di Salah Satu Sekolah Jenjang Menengah Cisaat Sukabumi

  • Razi Rafsanjani Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan
  • Erham Wilda Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Keguruan
Keywords: Korelasi, Jujur, Disiplin, Behaviorisme

Abstract

Abstract. This study explains how the correlation between honest attitudes and student discipline, how to foster honest attitudes and student discipline on ithe results of measuring behaviorism, and how much influence behaviorism has on honest attitudes and student discipline. The identification in this study the lack of honesty and discipline of student was caused by various factors including sosial factors, environment, lack of attetion from parent, and lack teachers of in using a method or approach in educating students. This can be seen from the many students who are often late to iclass, do not pay monthly fees to school are difficult to regulate. This study uses quantitative approach to the descriptive method to find out how the correlation between fostering honest and disciplined attitudes towards measuring behaviorism. The samples in this study i60 students and two teachers. The data analysis tecnique used the likert scale and iregression. Results this study indicate that honesty and discipline are quite good with an average score of 72% honest attitude, 78% average student discipline, an 80,86% teachers assessment of istudent. The value of the correlation coeficient final results of fostering attitudes of istudent has an R ivalue of 0,447 with significance number of X1 Sig= 0.010 igreater than> i0,05, iand X2 Sig. 0.001<0.05 and X2 Sig. 0.001<0.05, which means that it can be said that the dependent variables X1, X2, and Y. Have significant relationship or influence of 44,7%.

 Abstrak. Penelitian ini menjelaskan mengenai bagaimana korelasi antara sikap jujur dan disiplin siswa, bagaimana pembinaan sikap jujur dan disiplin siswa terhadap hasil pengukuran behaviorisme, serta seberapa besar pengaruh behaviorisme terhadap sikap jujur dan disiplin siswa. Identifikasi masalah dalam penelitian ini kurangnya sikap jujur dan disiplin siswa disebabkan berbagai faktor diantaranya fakror pergaulan, lingkungan, kurang nya perhatian orang tua, dan kurangnya guru dalam menggunakan metode atau pendekatan dalam mendidik siswa. Fenomena tersebut dapat di lihat dari banyak nya siswa yang sering terlambat masuk kelas, tidak membayarkan uang bulanan ke sekolah, sulit di atur terhadap tata tertib dan lain sebagainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode deskriptif untuk mengetahui bagaimana korelasi antara pembinaan sikap jujur dan disiplin terhadap pengukuran ibehaviorisme. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 60 siswa. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan skala likert dengan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat sikap jujur dan disiplin terbilang cukup baik dengan nilai rata-rata sikap jujur 72%, nilai rata-rata disiplin isiswa i78%, dan penilaian guru terhadap siswa 80,86%. Nilai koefisiansi korelasi mempunyai nilai R sebesar= 0,447 dengan angka signifikansi X1 Sig. 0,010>0,05, dan X2 Sig. 0,001<0,05 maka dapat dikatakan antara variabel terikat X1, X2, dan Y memiliki hubungan atau pengaruh cukup signifikan sebesar 44,7%.

 

Published
2023-01-27